MALANGTIMES - Hadi Purnomo (37), dan Febrina Eka Kristanti (27), memutuskan untuk melangsungkan pernikahan di dalam Lapas Banyuwangi, Jumat (22/2/19). Keduanya memutuskan menikah setelah beberapa bulan menjalin asmara di dalam Lapas Banyuwangi. 

Padahal Febrina sudah menjalani pembebasan bersyarat sejak bulan Oktober 2018 lalu.

Menariknya, mereka juga melaksanakan resepsi pernikahan di dalam Lapas. Layaknya resepsi pernikahan umumnya, acara itu juga dihibur dengan musik band dan sejumlah penyanyi terkenal Banyuwangi. Bedanya, jumlah tamu undangan dari luar dibatasi.

Kepala Lapas Banyuwangi, Ketut Akbar Hery Achyar menyatakan, sudah enam kali warga binaan melaksanakan pernikahan di dalam Lapas. Namun selama ini hanya sebatas ijab qobul saja. Saat mengajukan permohonan untuk menikah, Hadi Purnomo meminta izin untuk melaksanakan resepsi pernikahan untuk teman-temannya yang ada di dalam Lapas.

 “Diizinkan tapi terbatas untuk Ketua Kamar, perwakilan kamar, dan keluarga saja,” ungkap pria yang dipanggil Akbar ini.

Proses ijab qobul berlangsung mengharukan. Mempelai pria tampak tak kuasa menyembunyikan rasa haru. Begitu juga dengan keluarga dan warga binaan yang menyaksikan. Setelah ijab qobul kemudian resepsi pun dimulai. Artis yang diundang mulai menghibur tamu yang hadir. Mereka diiringi Band Kapok yang personelnya merupakan warga binaan Lapas Banyuwangi.

Akbar menyatakan, secara aturan pelaksanaan resepsi pernikahan di dalam Lapas tidak melanggar. Asalkan tamu dan acara berjalan dengan tertib. Tamu undangan yang dari luar Lapas juga dibatasi hanya untuk keluarga dengan jumlah 40 orang. “Daftar (undangan) keluarga sudah lengkap disampaikan tiga hari sebelumnya,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Hadi Purnomo menyatakan, dia bertemu istrinya saat melakukan pengajian di Masjid Lapas Banyuwangi sekitar 8 bulan yang lalu. Setelah itu dirinya mulai dekat dan menjalin hubungan asmara. “Kami pacaran 5 bulan lalu kami sepakat untuk menikah,” ujar Napi kasus pencurian disertai dengan kekerasan ini.

Karena masih berstatus Napi, Hadi Purnomo terpaksa tidak bisa menjalani bulan madu. Dia mengaku terpaksa bersabar dulu sampai dirinya selesai menjalani hukuman. “Sabar dulu, gimana lagi masih menjalani semua ini. Mudah-mudahan anaknya tidak seperti bapaknya,” katanya.

Sementara itu, Febrina mengaku jatuh cinta kepada Hadi Purnomo karena suaminya itu sosok yang baik, bertanggung jawab dan bisa mengayomi dirinya. Meski harus menjalani pernikahan di dalam Lapas perempuan yang terjerat kasus narkoba ini tetap bahagia. Dia juga siap menunggu suaminya hingga bebas nanti. “Saat ini saya pulang ke rumah suami,” akunya.

Untuk diketahui, Febrina sebelumnya menjadi napi di Lapas Banyuwangi atas kasus penyalahgunaan narkoba. Atas perbuatannya dia divonis 4 tahun penjara. Sedangkan Hadi Purnomo mendapatkan Vonis 5 tahun 6 bulan atas kasus pencurian dengan kekerasan. Dia sudah menjalani hukuman selama kurang lebih dua tahun.