ASN saat membersihkan sampah di area Alun-Alun Kota Batu, Jumat (22/2/2019). (Foto: ist)
ASN saat membersihkan sampah di area Alun-Alun Kota Batu, Jumat (22/2/2019). (Foto: ist)

MALANGTIMES - Jumat (22/2/2019) di setiap sudut Kota Batu terlihat kesibukan warga untuk membersihkan lingkungan masing-masing. Kegiatan ini  merupakan cara warga untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) seluruh elemen bergotong royong secara masal untuk melakukan kerja bakti. 

Mulai dari Aparatur Sipil Negara (ASN), pelajar, pegawai desa/kelurahan, Polri, TNI, pelaku usaha tempat wisata, hotel, restoran, perkantoran, dan sebagainya sejak pagi sudah sibuk membersihkan sampah di masing-masing tempat secara bersamaan. 

Untuk ASN itu melakukan kerja bakti terpusat di Balai Kota Among Tani, Alun-Alun Kota Batu, jalan Panglima Sudirman, jalan Diponegoro, Pasar Besar, dan terminal.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu Arief As Siddiq mengatakan, kerja bakti masal ini merupakan sejarah baru di Kota Batu. Jika biasanya yang melakukan merupakan penggiat lingkungan hidup, kali ini seluruhnya yang ada di Kota Batu bersama-sama memerangi sampah.

“Hal ini kami lakukan bersama merupakan sebuah kepedulian warga Kota Batu dalam memerangi sampah,” ungkap Arief.

Kerja bakti masal ini dilakukan untuk mewujudkan Kota Batu tahun 2020 bebas dari sampah. Terlebih Kota Batu merupakan Kota Batu wisata, sehingga harus bebas dari sampah.

“Sebagai kota wisata yang didatangi tahun 2018 saja sampai 5,6 juta wisatawan tentunya kita harus menunjukkan yang terbaik di setiap sudut tempat kita bebas dari sampah,” imbuhnya.

Ke depan nantinya kegiatan semacam ini bakal terus dilaksanakan. Selain agar terlihat bersih dari sampah, supaya guyub masyarakat Kota Batu.

“Ya kalau bisa kerja bakti masal seperti ini bisa rutin dilakukan. Hal ini juga demi kebaikan bersama,” harap Arief.