Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba-Serbi

Dulu dan Sekarang, Biaya Naik Haji sampai Harga Mobil di Indonesia Bikin Tercengang

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

22 - Feb - 2019, 07:50

Ilustrasi (youtube)
Ilustrasi (youtube)

MALANGTIMES - Biaya berangkat haji hingga harga barang mewah seperti mobil  saat ini memang dapat dikatakan lumayan fantastis. Untuk membeli mobil mewah, seseorang bahkan  harus merogoh kocek dalam-dalam, hingga miliaran rupiah.

Lantas, bagaimana dengan dulu? Benarkah harga produk-produk yang masih eksis hingga sekarang itu semahal saat ini? Dilansir dari channel youtube The Peanuts, sederet produk mewah, mobil misalnya, dulu hanya dibanderol belasan juta saja.

Baca Juga : Akhir Kisah Sahabat Rasulullah yang Mengatakan Zakat Adalah Pungli

Tapi satu hal yang perlu digarisbawahi, nilai mata uang dulu dan sekarang ini jauh berbeda. Di era 70-an, uang Rp 100 juta jika dikalkulasikan dengan sekarang bisa setara dengan Rp 3 miliar. Hal itu dikarenakan inflasi yang mengalami perbedaan dari tahun ke tahun.

Sepuluh tahun lalu, uang Rp 100 ribu  mungkin sudah bisa untuk membeli beras sebanyak 20 kilogram. Tapi sekarang, uang Rp 100 ribu hanya bisa membeli beras tak lebih dari 10 kilogram, bahkan kurang dari itu.

Namun, sebagai pengetahuan saja, berikut ini sederet harga produk mewah di era 70-an yang mungkin saat kita bayangkan sekarang menjadi amat murah.

1. Ongkos Naik Haji

Saat ini, seseorang yang hendak melaksanakan ibadah haji setidaknya membutuhkan biaya lebih dari Rp 30 juta. Namun berbeda dengan dulu, ternyata biaya perjalanan menunaikan Rukun Islam yang kelima itu jauh lebih murah jika dibandingkan dengan nilai saat ini.

Sekitar tahun 1952, berangkat haji menggunakan kapal laut membutuhkan biaya sekitar Rp 7.500. Sedangkan perjalanan menggunakan pesawat membutuhkan biaya sebesar Rp 16 ribu. Kemudian pada 1970, biaya pergi haji menggunakan pesawat naik menjadi Rp 380 ribu.

Selanjutnya pada 1974, jamaah yang hendak berangkat haji memanfaatkan kapal laut mengalami penurunan yang cukup drastis. Para jamaah memilih menggunakan pesawat lantaran biaya yang dikeluarkan tak jauh beda dengan menggunakan pesawat.

Saat itu, biaya haji menggunakan pesawat sebesar Rp 560 ribu. Sedangkan ketika menggunakan kapal laut, butuh biaya sebesar Rp 556 ribu.

2. Harga Sepeda Motor

Kendaraan roda dua di Indonesia sepertinya bukan lagi menjadi hal baru. Saat ini, jumlah pemilik kendaraan roda dua begitu membludak. Harganya pun bervariasi. Mulai dari belasan juta sampai ratusan juta. 

Lantas, apa kabar dengan era tahun 70-an ya? Apakah harga kendaraan roda dua saat itu semahal sekarang?

Tahun 1970-an, ternyata ada banyak kendaraan roda dua yang amat terkenal. Saat itu, sebuah sepeda motor dibanderol mulai dari Rp 50 ribu, Rp 158 ribu, hingga yang paling mahal adalah tipe Vespa seharga Rp 260 ribu.

3. Mobil

Tak jauh berbeda dengan harga kendaraan roda dua, mobil era 70-an juga dibanderol dengan harga yang terbilang fantastis saat itu. Sebuah kendaraan roda empat bisa dibanderol Rp 1.250.0000 hingga 17 juta.

Angka ini tentu terbilang rendah jika dikurskan dengan nilai rupiah saat ini. Sekarang, harga mobil setidaknya mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah.

4. Televisi

Sebelum memasuki era globalisasi seperti sekarang, televisi merupakan salah satu barang mewah yang tak dimiliki semua orang. Bentuknya pun berbeda dengan TV yang kita temui sekarang. Kebanyakan dulu TV berbentuk tabung dengan ukuran yang besar sampai kecil.

Lantas bagaimana dengan harga TV di era 80-an? Dulu, harga TV dengan varian ukuran 14 inchi dibanderol dengan harga Rp 200 ribu sampai Rp 300 ribu. Sementara paling mahal adalah Rp 1,2 juta untuk TV berukuran 26 inchi.

 


Topik

Serba-Serbi Dulu-dan-Sekarang Biaya-Naik-Haji harga-mobil nilai-mata-uang-dulu-dan-sekarang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Sri Kurnia Mahiruni