The Kalindra (ist)
The Kalindra (ist)

MALANGTIMES - Di Indonesia memang banyak sekali kasus apartemen yang bermasalah. Salah satu contoh dan saat ini masih hangat dibicarakan adalah kasus dugaaan penipuan yang dilakukan PT Sipoa Group.

Dalam kasus ini, sebanyak 1.104 konsumen menjadi korban atas pembelian apartemen yang dijual Sipoa Group di Surabaya dan Sidoarjo. Sebelumnya,  Sipoa Group sudah melakukan promo besar-besaran kepada konsumen atas berbagai proyek apartemen.

Hingga saat ini, kasus ini masih belum bisa diselesaikan. Belum lama ini, ratusan orang yang tergabung dalam Paguyuban Customer Sipoa menggelar aksi di depan Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim. Aksi massa itu mendesak kejaksaan untuk mencabut pernyataan banding atas kasus apartemen bodong tersebut.

Dilansir dari Detik News, diketahui massa sudah bertahan di kantor kejati  selama tiga hari. Para korban penipuan apartemen ini mengaku refund dari Sipoa terancam gagal dan terbengkalai.

Nah, di Kota Malang sendiri, penjualan unit apartemen yang tergolong masif  kadang tidak diimbangi dengan legalitas. Beberapa apartemen yang ditawarkan pengembang hingga kini bisa dibilang bermasalah.

Selain pengembangnya belum mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB), ada juga lahan yang menjadi lokasi apartemen belum klir. Ada pula pengembang yang sudah mengantongi IMB, tapi belum punya sertifikat laik fungsi (SLF) hingga tak bisa mendapatkan izin operasional.

Nah, hal ini tentu berisiko memunculkan masalah di kemudian hari. Ujung-ujungnya, konsumenlah yang akan dirugikan.

Namun, ada satu apartemen yang dijamin paling aman di Kota Malang untuk diinvestasikan. Apartemen itu adalah The Kalindra. Kasus-kasus apartemen yang bermasalah tidak akan ditemui di The Kalindra. Sebab, 100 persen lahan adalah milik Kalindra.

The Kalindra adalah suatu kawasan elite yang terdiri dari town house, apartemen, Aston City Hotel yang berdiri di atas lahan 3 hektare. Letaknya dekat dengan exit tol (Surabaya – Malang, tepatnya di Jalan Jenderal Ahmad Yani Utara No 10.

"Kalindra Apartment & Hotel berlokasi di pintu pusat kota Malang. Di tengah pusat pemukiman menengah ke atas, lingkungan sekolah dan kampus. Dekat dengan exit tol Surabaya-Malang, pusat kuliner, Terminal Arjosari, Bandara Abdul Rachman Saleh. Akses menuju lokasi Kalindra Apartment & Hotel sangat mudah karena berlokasi di jalan utama Kota Malang," ujar Eksekutive Manager Marketing The Kalindra Ferdinand Redha Asmana.

The Kalindra akan hadir di Kota Malang  tahun 2021 mendatang. Sementara respons pasar terpantau positif. Konsumen yang telah NUP mencapai 10 persen dari total unit dalam masa pemasaran baru dua bulan.

Menariknya, sebesar 50 persen dari konsumen itu adalah warga Malang sendiri. Para pembeli yakin berinvestasi karena pengembang menunjukkan kepemilikan lahan adalah milik The Kalindra.