Disperin Kota Malang berfoto bersama para perajin gerabah Kelurahan Penangungan (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Disperin Kota Malang berfoto bersama para perajin gerabah Kelurahan Penangungan (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES -  Dinas Perindustrian (Disperin) Kota Malang, Tak lelah mendorong sentra-sentra Industri Kecil Menengah (IKM) untuk terus memperkuat kelembagaan IKM. Upaya tersebut kembali dilakukan oleh Disperin Kota Malang  dengan mengumpulkan para perajin gerabah.

Pada kunjungan keempat ini, Disperin Kota Malang mengunjungi sentra industri gerabah di Kelurahan Penangungan. Sebelumnya, Disperin telah mengunjungi tiga sentra industri lain yakni, sentra keramik Dinoyo, sentra mebel Tunjungsekar serta sentra rotan Balearjosari.

"Lembaga swadaya ini harus lebih diperkuat lagi. Supaya hal itu bisa membuat produktivitas dan juga daya saing meningkat, bisa semakin berkembang. Makanya di sini pemerintah hadir untuk mengurai suatu permasalahan," ungkap Prayitno, Kepala Bidang (Kabid) Agro Kimia dan Makanan (Agrokim) (20/1/2019).

Untuk kegiatan penguatan kelembagaan sendiri, pihaknya masih memfokuskan pada sentra-sentra terlebih dahulu. Sebab dengan melakukan penguatan pada sentra, tentunya akan merembet kepada para anggota IKM secara perorangan.

"Arahnya memang kesana, memiliki badan usaha sendiri, tapi yang kita percepat adalah komunitas dahulu. Komunitasnya jelas, eksistensinya jelas, supaya ciri khas tematik Kota Malang tetap hidup jangan sampai punah karena dinamika perkembangan ekonomi dan lain-lain yang istilahnya menggerus eksistensi, akan terus kita kibarkan. Dan itu tugas kami kedepan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Disperin Kota Malang, Subkhan dalam pertemuan sebelumnya menjelaskan, bahwa dengan penguatan kelembagaan, kemudian disertai legalitas formal, tentu hal itu akan mempermudah mereka dalam memperoleh permodalan.

"Jika tak ada kejelasan, tanpa legalitas yang jelas mereka tentu akan sulit untuk memperoleh permodalan, apalagi untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah," pungkasnya.

Sementara itu, dalam kegiatan tersebut, diikuti oleh sekitar 20 orang para perajin gerabah disekitar Penangungan. Para perajin gerabah sendiri cukup antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.