Masuk Tahap Akhir Pembangunan Tol Malang - Pandaan, Pemkot Malang Pastikan Soal Andalalin

Feb 16, 2019 11:03
Wali Kota Malang Sutiaji (tengah) dalam pertemuan terkait tahap akhir pembangunan Tol Malang Pandaan di Balai Kota Malang. (Foto: Dokumen MalangTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji (tengah) dalam pertemuan terkait tahap akhir pembangunan Tol Malang Pandaan di Balai Kota Malang. (Foto: Dokumen MalangTIMES)

MALANGTIMES - Operasional ruas Tol Malang - Pandaan (Mapan) memunculkan risiko kemacetan lalu lintas dalam kota. Pemerintah Kota (Pemkot) Malang bersama dengan jajaran Jasa Marga Pandaan Malang (JPM) serius membahas terkait analisis dampak lalu lintas (Andalalin) dari pembangunan infrastruktur tol itu. 

Baca Juga : Bakal Ditutup Setiap Hari, Ini Jalur Yang Terapkan Physical Distancing di Kabupaten Malang

Wali Kota Malang Sutiaji didampingi Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang Erik Setyo Santoso menggelar pertemuan tertutup dengan Direktur Utama JPM Agus Purnomo, Direktur Teknik JPM Siswantono dan jajarannya, di Balai Kota Malang, pekan ini. 

Kepala Barenlitbang Kota Malang Erik Setyo Santoso mengungkapkan, pembangunan jalan tol di Kota Malang sangat dibutuhkan. Baik Tol Mapan ataupun tol yang akan menghubungkan antar wilayah di kawasan Malang Raya. "Pembangunan tol terus dilakukan oleh pemerintah daerah demi mengurai kemacetan," ujar Erik. 

Pertemuan ini membahas kendala-kendala yang dihadapi serta proses pembangunan jalan tol hingga sampai saat ini. "Pembangunan ruas Tol Mapan diharapkan menjadi salah satu alternatif mengurai kemacetan baik arus yang keluar atau masuk ke wilayah Malang Raya," terangnya. 

Sehingga, penumpukan kendaraan pada satu titik tidak terjadi kembali. "Pembahasan Andalalin tol pun tak lupa menjadi topik yang dibicarakan oleh Wali Kota Malang. Agar pembangunan tetap mengedepankan aspek lingkungan," tegasnya.

Baca Juga : Tanggapan Resmi Gojek dan Grab soal Fitur Ojek Online yang Hilang dari Aplikasi

Solusi-solusi dalam menangani permasalahan dalam penuntasan pembangunan jalan tol di Kota Malang terus dirumuskan oleh Wali Kota Malang maupun dari Bina Marga. "Mengingat pembangunan Tol Mapan sudah memasuki tahap akhir. Sehingga perlu dikejar penyelesaian dalam semua akses agar tidak melebihi target waktu yang sudah ditentukan," urainya.

Erik menyebut, tidak mudah menyelesaikan polemik kemacetan di Kota Malang. Namun, juga bukan hal yang mustahil untuk diselesaikan. "Pembangunan tol hanyalah salah satu alternatif penyelesaian kemacetan saat ini. Ke depan akan terus dikembangkan alternatif-alternatif lain untuk mengurai kemacetan di Kota Malang maupun di kawasan Malang Raya," pungkasnya. 

Topik
MalangBerita Malangtahap akhir pembangunan TolPastikan Soal AndalalinOperasional ruas Tol Malang Pandaan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru