Kartika Putri di New York (Foto: Instagram)

Kartika Putri di New York (Foto: Instagram)



MALANGTIMES - Sebagian wanita berhijab tentu terkadang merasa ragu ketika akan ke luar negeri. Terlebih lagi ke negara-negara di mana Islam menjadi minoritas. Banyaknya kisah-kisah diskriminasi terhadap wanita berhijab di luar negeri membuat sebagian hijabers merasa was-was.

Selain itu, kekhawatiran-kekhawatiran yang lain seperti sulitnya tempat ibadah hingga sulitnya makanan halal juga turut menjadi pertimbangan. Salah satu hijaber yang baru-baru ini juga mengalami kejadian kurang mengenakkan di negara lain adalah Kartika Putri.

Ia berlibur bersama suaminya Habib Usman bin Yahya ke berbagai wilayah di Amerika Serikat, seperti Manhattan, California, hingga Florida. Kartika berlibur memakai busana syar'i seperti kesehariannya. Ia sempat mengaku merasa tidak nyaman karena dipandang aneh.

"Hari ini banyak cerita menarik tentang bersyar'i di negara orang. Baru hari ini sih yang merasa aneh sampai diliatin banget dan anak kecil banyak yang nunjuk dan tanya ke orang tuanya," ungkapnya dalam caption sebuah foto di Instagram.

Meski begitu, Kartika memakluminya. Ia mengambil kesimpulan bahwa orang-orang di sana memang belum terbiasa melihat wanita berbusana syar'i.

"Aku ambil kesimpulannya adalah karena mereka belum terbiasa melihat jadinya seperti aneh. Sama seperti yang baru hijrah di lingkungannya pasti seperti aneh. Ingat itu hanya karena belom terbiasa. Sama juga halnya sholat wajib sampe ke sholat sunnah, ngaji, puasa, sedekah, bahkan sampai berbuat baik dan berkata baik.. Seperti aneh kalo belum terbiasa... Tapi akan biasa kalo sudah biasa. Jadi jangan takut merasa "aneh" dengan hal yan kita/orang Iain biasa selama kita ada di jalan yg benar dan baik. Bismillah," lanjutnya bercerita.

Kartika sendiri tentu juga pernah ragu untuk liburan ke luar negeri lantaran khawatir jika dipandang aneh. Namun, ia mengaku bersyukur karena sesungguhnya dengan hijab syar'i semuanya menjadi lebih mudah.

"Dulu sempet mikir kalau berhijab enjoy nggak ya liburan tar susah nggak yah, ntar bagus nggak ya, tar diliatin nggak ya, aneh ga yah, dan masih banyak lagi ke khawatiran aku.. Tapi setelah jalanin MasyaAllah,, bersyukur banget semua lebih mudah dan simple," tulisnya.

Justru dengan hijab syar'i, Kartika Putri merasa lebih mudah ketika akan beribadah. Sebab ia tak perlu repot-repot mencari mukenah. Yang juga tak kalah penting, ia tak takut pilih makanan. Sebab para penjual otomatis mengetahui bahwa dirinya muslim. Jadi kebanyakan dari mereka memberi tahu jika makanan yang dijual tidak halal.

"Mau sholat ga usah repot bawa mukenah, terus beli makanan atau dessert ga perlu tanya halal atau ga karena kalo ga halal yang jualan pasti Iangsung bilang kalo makanannya ga halal (karena dia udah tau identitas kita sbg seorang muslim), terus malah sekeliling lebih respect kok.. Jadi sebenernya cuma kekhawatiran kita aja yg menghambat niat baik kita tuk menjalankan syariat islam," tulisnya lebih lanjut.

Untuk itu, meski ketidaknyamanan kadang terjadi, Kartika menegaskan agar hijabers jangan terlalu khawatir meski mengenakan pakaian syar'i dimanapun. Sebab itu menurutnya sama saja tidak mempercayakan semuanya kepada Allah.

"Jadi selama yang kita jalanin baik dan sesuai syariat islam kenapa harus ragu dan takut," tandasnya.

End of content

No more pages to load