10 Kendaraan Tangguh untuk Misi Pencarian dan Penyelamatan Tempat Ekstrem Susah Diakses

Feb 15, 2019 08:34
Firefox Merupakan jeep amfibi yang diranjang untuk penyelamatan dan digunakan pemadam kebakaran.
Firefox Merupakan jeep amfibi yang diranjang untuk penyelamatan dan digunakan pemadam kebakaran.

MALANGTIMES - Di beberapa negara telah memiliki kendaraan khusus untuk misi pencarian dan evakuasi. Kendaraan yang digunakan itu dapat menjangkau tempat bencana yang sulit untuk di akses atau dijangkau.

Baca Juga : Bakal Ditutup Setiap Hari, Ini Jalur Yang Terapkan Physical Distancing di Kabupaten Malang

Berikut 10 kendaraan tangguh untuk misi pencarian dan penyelamatan di tempat bencana yang sulit di akses. Antara lain: 

1. Firefox

Merupakan jeep amfibi yang diranjang untuk penyelamatan dan digunakan pemadam kebakaran. Mobil prmadam itu memilili mesin dengan 200 tenaga kuda dan memiliki kecepatan 10 kilometer per jam untuk di darat. Sedangkan untuk di air kecepatannya 70 kilometer per jam. Dan mobil kebakaran ini mampu mengeluarkan 4 ribu air per menit. 

2. Salamander

Kendaraan off road yang dirancang untuk petugas departement kebakaran Jepang. Memiliki panjang 9 meter dan berat 12 ton. Mobil tersebut bisa menjangkau daerah sulit yang terkena banjir. Juag memiliki kecepatan 50 kilometer per jam dan mengangkut 10 penumpang saat mengevakuasi.

3. Drager

Mobil ini adalah penyelamat penambangan yang dirancang untuk beradpatasi dengan kondisi bawah tanah penambangan yang sulit. Mobil ini dilengkapi dengan sistem pembersih udara juga menyediakan tempat bernafas dengan aman. Petugasnya pun dilengkapi dengan kamera termal agar memudahkan pencari penambang yang terjebak di tempat berdebu dan berasap.

4. Ghe-O

Kendaraan medan segala multiguna untuk mencari misi penyelamatan atau evakuasi medis. Mobil ini berukuran 5 meter dan dapat mengangkut 11 orang. Memiliki mesin dengan 500 tenaga kuda dan berat 3 ton. Mobil ini dirancang dengan menjangkau segala medan.

5. Panther

Mobil ini dirancang misi penyelamatan di bandara Eropa. Juga bisa melaju di jalan bersalju. Mobil tersebut memiliki mesin 500 tenaga kuda dan dapat mencapai kecepatan 135 kilometer per jamz juga mampu menyemprotkan 10 ribu per menit dengan jangkauan 100 meter.

6. Sikorski

Adalah helikopter medium Amerika yang digunakan dalam misi pencarian dan penyelamatan pantai. Beratnya 7 ton dan memiliki ruang untuk 20 orang. Helikopter ini dapat mencapai kecepatan 300 kilometer per jam dan memiliki daerah kekuasaan seribu kilometer saat dalam tugas penyelamatan. 

7. KNRM

Adalah kapal respon cepat dalam operasi pencarian dan penyelamatan di laut. Kapal ini dirancang bisaberputar dalam hitungan detik saat berguncangan dan terbalik. Memiliki panjang 20 meter dengan kecepatan maksimal 30 knot. Kapal ini juga didesain dapat memotong ombak dan meningkatkan stabilitas dalam kondisi ekstrim. 

8. Endurance

Kapal ini dirancang untuk digunakan dalam misi darurat dalam mengendalikan kebakaran di kawasan laut. Juga dilengkapi dengan meriam air besar yang bisa menyenprotkan 20 ribu air permenit. Dengan dua mesin kuat yang bekerja memungkinkan untuk mencapai kecepatan 25 knot dan memiliki jangkuan 200 mil.

9. Griffon

Alat penyelamatan ini memiliki panjang 12 meter dan bisa membawa lebih dari 20 penumpang dan bermesin diesel. Dan memiliki kecepatan 30 knot yang dapat digunakan di pantai, sungai, dan bandara. Juga di medan yang sulit pasir dan lumpur.  

10. Baltica 

Adalah kapal pemecah salju yang berada di rusia. Kapal ini mampu memecah salju setebal 60 centimeter dan dapat membuka jalur selebar 50 meter. Kapal ini panjang 75 meter dan memiliki berat seribu ton dan kapal ini berkecepatan 25 kilometer per jam. Saat ini digunakan untuk penyelamatan darurat angkatan laut Rusia. Juga untuk membantu kapal minyak yang terperangkap salju.

 

Topik
MalangBerita MalangKendaraan TangguhKendaraan Penyelamatan Tempat Ekstrem

Berita Lainnya

Berita

Terbaru