Surat suara dalam kotak yang datang di KPU Kota Batu (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)

Surat suara dalam kotak yang datang di KPU Kota Batu (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)



MALANGTIMES - Kota Batu mendapatkan jatah 157.923 surat suara yang telah diterima oleh komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu. Sejumlah surat suara itu khusus untuk DPR Provinsi Jawa Timur dalam Pemilihan Umum (Pemilu) pada 17 April 2019 mendatang. 

“Surat suara itu datang dua gelombang di siang dan sore hari Kamis (7/2/2019) kemarin,” ungkap Ketua KPU Kota Batu, Saifudin Zuhri. 

Mulanya surat suara itu datang 150 kotak, kemudian ditambah 166 kotak. Dengan demikian KPU Kota Batu menerima 316 kotak. 

Untuk masing-masing kotak itu terdapat 500 lembar surat suara. “Dari 315 kotak itu isinya semua ada 500 lembar surat suara. Lalu untuk yang satu kotak isinya 424 lembar, totalnya yang kami terima ada 157.923 surat suara,” imbuhnya kepada MalangTIMES.

Setelah mendapatkan kiriman surat suara kota tersebut langsung diamankan dalam sebuah ruangan. Lalu kotak yang sudah tersegel itu tidak boleh dibuka hingga mendekati masa pencoblosan.

Agar ruangan tersebut aman, pihak Kepolisian melakukan penjagaan selama 24 jam di sana. “Ruangan itu selain dijaga oleh pihak kepolisian juga tertutup rapat agar aman,” jelas Saifudin.

Ia menambahkan jumlah surat suara itu terdapat penambahan 2 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT). DPR di Kota Batua ada 154.826, dengan demikian jika ditambah 2 persen yakni 3.473.

“Jumlah 3.473 surat suara ini akan dibagi ke 757 Tempat Pemungutan Suara di seluruh Kota Batu,” tambahnya, Jumat (8/2/2019). 

Menurutnya sampai sekarang kebutuhan logistik yang sudah tiba di KPU Kota Batu telah menerima kotak suara transparan sebanyak 3.994 unit. Dan surat suara DPR Provinsi Jatim. 

“Jadi yang masih belim ada surat suara Capres-Cawapres, DPR RI, DPD, DPRD Kota Batu yang belum diterima. Dan kami masih menunggu,” tutup Saifudin. 

End of content

No more pages to load