Rijeka Mosque, Kroasia

Rijeka Mosque, Kroasia



MALANGTIMES - Beribadah tentunya memang tak harus di tempat yang mewah. Berdoa dan menjalankan syariat yang diajarkan dalam agama tentu bisa dilakukan di manapun dan kapanpun.

Tapi meski begitu, rasanya tidak ada yang salah jika beribadah dilakukan di tempat yang nyaman dan mewah. Seperti beribadah di masjid yang penuh dengan ornamen cantik dan desain yang mewah misalnya. Mungkin itu akan membuat seseorang beribadah lebih nyaman.

Dilansir dari channel YouTube Islam Populer, berikut ini 10 masjid mewah dan unik yang ada di dunia. Desain yang tak biasa itu pun disebut-sebut mengalahkan kemewahan hotel bintang tujuh loh. Bahkan dapat membuat muslim betah berlama-lama beribadah.

1. Camlica Mosque, Istanbul, Turki


Di urutan pertama ada Camlica Mosque yang berada di Istanbul, Turki. Bangunan masjid ini terbilang sangat unik lantaran tidak memiliki kuba seperti masjid pada umumnya. Tapi ketika memasuki kawasan masjid, nuansa adem dan menyejukkan pasti terasa begitu alami.

Karena bangunan melingkar ini dikelilingi oleh tumbuh-tumbuhan dan pepohonan rindang berwarna hijau. Tentu suasana ini pasti akan membuat siapapun betah untuk berlama-lama. Bahkan, ornamen lampu yang ada pada sekitar masjid membuat tempat beribadah umat muslim yang satu ini semakin cantik di malam hari.

2. East Park Mosque, Bahrain


Di urutan ke dua adalah East Park Mosque yang berada di Bahrain. Tak jauh berbeda dengan Camlica Mosque, masjid yang satu ini juga memiliki pemandangan alam yang luar biasa. Karena di sekitaran masjid terdapat hamparan laut yang sangat luas dan cantik.

Bukan hanya itu, desain interior masjid ini juga tak kalah menarik. Dengan sentuhan lantai marmer, membuat masjid dengan desain modern ini semakin indah dan mewah.

3. Cologne Central Mosque, Jerman


Selanjutnya adalah Cologne Central Mosque di Jerman. Pembangunan masjid yang disebut terinspirasi arsitektur Otoman. Namun pada masjid ini bangunan dibuat lebih modern dengan sentuhan kaca.

Masjid terbesar di Jerman ini memiliki dua menara dan kubah berbentuk kapsul. Masjid ini dibangun pada 2009 dan selesai pada 2017 lalu dengan daya tampung sampai empat ribu jamaah.

4. Kapsarc Mosque, Riyadh, Arab Saudi


Desain masjid ini terinspirasi oleh bangunan Kakbah di Mekkah. Tak kalah dengan bangunan masjid mewah lainnya, masjid yang berada di Riyadh, Arab Saudi ini juga menyuguhkan kemewahan. Bentuknya yang tak biasa menjadi salah satu daya tarik yang membuat banyak orang tertarik dan betah beribadah berlama-lama di sana.

5. Yesilvadi Mosque, Istanbul, Turki


Turki tidak hanya dikenal dengan bangunan gedung super mewah yang menghiasi setiap sudut kota. Bangunan masjid dan tempat beribadah di sana pun juga memiliki desain yang tak kalah mewahnya.

Seperti Yesilvadi Mosque ini misalnya, yang merupakan salah satu masjid ternama di Turki. Kuba bangunan masjid ini menyerupai planetarium. Dindingnya pun merupakan perpaduan dari batuan alam dan kayu dengan warna putih.

6. Rijeka Mosque, Kroasia


Rijeka Mosque ini merupakan masjid pertama yang dibangun di Rijeka dan masjid ke tiga yang dibangun di Kroasia. Tak biasa, masjid ini memiliki bentuk seperti gedung teater.

7. Islamic Cultural and Museum of Tolerance, Albania


Masjid yang diresmikan pada 2015 lalu ini dilengkapi dengan beragam fasilitas menakjubkan. Termasuk museum multi agama dan diprediksi menghabiskan dana sebesar 30 juta euro. Waktu pengerjaannya adalah dua tahun dan mampu menampung hingga 4.500 jamaah.

8. The Vanishing Mosque, Uni Emirat, Arab


Masjid yang berada di Dubai ini memang terbilang sangat unik dan berbeda dengan masjid pada umumnya. Karena desainnya dibuat layaknya mall terbuka dan siapapun bisa memasukinya tanpa merasa sedang berada di dalam masjid. Langit yang membentang pun menjadi salah satu pemandangan indah bagi para jamaah masjid tersebut.

9. Penzberg Mosque, Jerman


Desain masjid yang berada di Penzberg Jerman ini akan membuat siapapun merasa kagum. Karena menjelang maghrib, lampu yang berada pada bagian bangunan akan menyala dan menunjukkan seni kaligrafi yang luar biasa. Masjid ini juga sangat terbuka untuk umat non muslim yang ingin berkunjung dan mencari tahu informasi tentang Islam.

10. Wall Dome, Pristhina, Kosovo


Masjid yang didesain modern ini tidak hanya dibangun untuk kenyamanan para jamaah saja, tapi juga terbilang ramah lingkungan. Masjid ini memiliki guratan-guratan cantik yang tidak hanya berfungsi sebagai estetika dan mempercantik bangunan saja, melainkan memiliki fungsi menunjukkan arah kiblat yang ada di Makkah.

Itulah 10 masjid unik di dunia yang dijamin membuat semakin betah beribadah. Tidak hanya di luar negeri, Indonesia juga memiliki sederet masjid unik dan mewah yang tentunya memiliki sentuhan - sentuhan istimewa. 

End of content

No more pages to load