Ilustasi perbedaan kelemahan mobil kepresidenan era SBY dan Jokowi (bedanggak)

Ilustasi perbedaan kelemahan mobil kepresidenan era SBY dan Jokowi (bedanggak)



MALANGTIMES - Setiap presiden pasti mendapatkan mobil dinas kepresidenan yang memadai, termasuk di Indonesia. Mobil inilah yang selalu ditumpangi presiden dalam setiap kegiatan.

Presiden pertama Indonesia Soekarno dulunya menggunakan Buick-8 sebagai mobil kepresidenan. Tetapi, semenjak  masa kepemimpinan Presiden Soeharto, Indonesia mulai beralih menggunakan Mercedes Benz.

Bahkan hingga masa presiden ketujuh saat ini, mobil yang digunakan masih menggunakan merek yang sama. Hanya berbeda tipe dan teknologi yang menyesuaikan dengan perkembangan saat ini.

Lalu, jika dibandingkan dengan mobil kepresidenan milik Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), apa yang kira-kira perbedaan dengan mobil Presiden Joko Widodo (Jokowi), baik dari sisi teknologi maupun hal yang lainnya. Langsung saja kita simak informasinya berdasarkan channel YouTube Beda Nggak.

1. Mobil Warisan Empat Generasi

Pada periode pertama kepemimpinan SBY tahun 2004 hingga 2009, sehari-hari dia masih menggunakan mobil kepresidenan Mercedes Benz S-600. Mobil ini digunakan sejak era Presiden Soeharto mulai tahun 1994, kemudian berlanjut ke B.J. Habibie, Abdurrahman Wahid, dan Megawati.

Karena sudah digunakan sejak  Presiden Soeharto, mobil ini  menjadi mobil kepresidenan terlama yang digunakan. Mobil ini dilengkapi dengan bodi anti-peluru hingga ranjau darat. Mobil ini juga memiliki kaca anti-peluru 3 inci serta beberapa sensor yang ada di bagian mobil.

Untuk eksteriornya, mobil ini dilengkapi dengan baja platina hitam agar presiden terlindungi dari goncangan. Hanya, dari segi bodi, mobil ini lebih pendek dibandingkan pendahulunya, yakni Mercedes Benz S-500. Mobil S-500 digunakan Soeharto sejak 1987, sebelum menggantinya dengan tipe Mercedes Benz S-600.

2. Beralih ke Mercedes Benz S-600 Pullman Guard

Saat menjabat untuk kali kedua  pada tahun 2009, SBY akhirnya mengganti mobil kepresidenan dengan tipe Mercedes Benz S-600 Pullman Guard Limosin. Spesifikasi mobil terbaru SBY ini sebenarnya hampir sama, yaitu tahan terhadap serangan senjata standar militer dan ledakan granat tangan serta bahan peledak lainnya.

Ketahanan itu tercipta karena mobil memiliki bahan lapisan baja yang memiliki resistansi kelas Eropa B6B7. Mobil ini juga dapat melaju walaupun dalam keadaan ban kempes. Hal itu karena terdapat fitur Michelin PAX. Artinya, jika ban pada kendaraan terkena paku atau bocor, masih bisa dijalankan kecepatan maksimal 80 km per jam dan dengan jarak 80 km.

Bukan hanya itu. Mobil ini juga dilengkapi pemadam kebakaran otomatis, kaca depan tahan panas, sistem pengaturan udara segar darurat, sistem kontrol neumatic darurat untuk membuka jendela dan juga alarm system yang  tertanam di mobil kepresidenan.

3. Jokowi Pakai Mobil Warisan SBY

Mobil kepresidenan Jokowi saat ini adalah Mercedes Benz S-600 Pullman Guard yang merupakan warisan dari era kepresidenan SBY. Jokowi mengatakan masih enggan untuk mengganti mobil kepresidenan ini. 

Seperti apa spesifikasi Mercedes Benz tipe ini? Selain kelebihan yang telah diungkapkan sebelumnya, mobil ini juga menggunakan mesin berkonfigurasi v12. Tangki bahan bakarnya berkapasitas 90 liter.

Di mobil ini juga terdapat sistem pemadam kebakaran otomatis yang mampu mencegah penyebaran api. Berbagai fitur lainnya adalah mobil ini telah juga terkoneksi dengan internet, control udara, individual TV, hingga tabung oksigen untuk menangkal serangan gas beracun. 

Meski memiliki bobot mencapai 4.200 kg, mobil ini mampu melesat dengan kecepatan puncak 210 km per jam. Mobil ini juga dipakai beberapa kepala negara dunia seperti raja Arab Saudi.

4. Mobil Kepresidenan Jokowi Sering Mogok

Mogoknya mobil kepresidenan Joko Widodo ternyata tidak hanya sekali. Sejak Jokowi dilantik menjadi presiden pada Oktober 2014, mobil ini sudah beberapa kali mogok. Tercatat sudah empat sampai lima kali mobil ini mogok saat Jokowi menumpanginya.

Dua peristiwa mogok terakhir terjadi saat Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat pada 17 Maret 2017 silam. Kejadian kedua saat Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Ponorogo, Jawa Timur.

 Dari informasi yang muncul, mobil tersebut bukan mogok karena rusak, melainkan karena akselerasinya yang lemah. Menteri sekretaris negara juga menganggap mobil itu perlu diganti karena merupakan keluaran lama, yakni tahun 2007.

5. Jokowi Dapat Tawaran Jaguar XJ

Masih setia dengan mobil kepresidenan warisan SBY, Jokowi sempat ditawari mobil kepresidenan lain yang lebih canggih dan merupakan keluaran terbaru. Salah satu mobil unggulan dan punya standar keamanan pejabat adalah Jaguar XJ tipe tertinggi. Mobil ini pernah ditawarkan ke Jokowi untuk menggantikan mobil Mercedes Benz S-600 Pullman Guard.

Mesin Jaguar XJ ini mengusung mesin VX dengan kubikasi lima liter. Saat ini mobil tersebut digunakan oleh perdana menteri Inggris. Sebagai mobil yang didesain khusus untuk kepresidenan, mobil ini menggunakan bahan dari titanium, kevlar, dan plat baja.

Kaca jendela juga memakai bahan polycarbonate yang tahan dari tembakan peluru. Mobil Jaguar ini juga memiliki dimensi panjang sehingga penumpang bisa duduk dengan nyaman dan santai. 

Ruang kaki pun lebih dari 1 meter karena mobil ini memiliki dimensi yang lebih panjang dari kebanyakan sedan. Namun dengan mesin yang bertenaga, mobil ini akan tetap keset untuk digunakan sehari-hari.

Sektor lampu mobil ini menggunakan lampu LED dan running the light sehingga terkesan elegan. Lampu belakangnya pun telah menggunakan lampu LED yang terkesan modern dan irit listrik.

Kira-kira Jokowi bakal mengganti mobil kepresidenan atau tidak? Atau mungkin mobil kepresidenan bakal diganti setelah pemilihan presiden nanti ya?

End of content

No more pages to load