Warga Enam Kecamatan Wajib Waspadai Bencana Alam, Ini Wilayah dan Potensi Kerawanannya

MALANGTIMES - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang mengimbau masyarakat, khususnya di enam wilayah, untuk tetap waspada di musim penghujan yang intensitasnya masih tinggi.

Imbauan BPBD Kabupaten Malang tersebut terkait dengan potensi bencana alam yang kerap menghantam wilayah Kabupaten Malang. Misalnya longsor dan banjir yang kerap membuat fasilitas umum rusak dan warga mengalami kerugian.

Enam wilayah kecamatan khusus yang dipetakan rawan potensi bencana alam itu yakni Ampelgading, Bantur, Donomulyo, Gedangan, Sumbermanjing Wetan, dan Tirtoyudo. "Di enam wilayah yang ada di Malang Selatan tersebut, kami petakan daerah rawan bencana alam. Sehingga kami  imbau masyarakat agar tetap waspada," kata Bambang Istiawan, kepala BPBD Kabupaten Malang, Minggu (03/02/2019).

Di enam wilayah tersebut, selain rawan longsor, juga puting beliung, banjir, dan tsunami. Sehingga BPBD Kabupaten Malang mengimbau kembali warga untuk semakin meningkatkan kewaspadaannya. Terutama di musim penghujan saat ini yang intensitasnya terbilang rapat setiap harinya.

"Musim hujan masih terus terjadi. Sehingga potensi bencana masih tinggi di enam wilayah tersebut," ujar mantan kepala Satpol PP Kabupaten Malang itu.

Tsunami  yang cukup mengkhawatirkan. Hal ini dikarenakan enam kecamatan tersebut berada tidak jauh dari bibir pantai selatan. Didasarkan juga pada berbagai prediksi BMKG mengenai gelombang tinggi yang kerap terjadi di berbagai pesisir pantai di berbagai daerah. BMKG menyampaikan gelombang bisa mencapai lima meter dalam kondisi saat ini.

Untuk longsor dan banjir pun, BPBD Kabupaten Malang mengimbau warga yang memiliki rumah di berbagai lokasi rawan bencana untuk lebih meningkatkan kewaspadaan.

Bambang mengatakan, bagi warga yang memiliki rumah dengan tingkat kemiringan yang curam harus meningkatkan kewaspadaan karena hujan yang terus-menerus turun. "Potensi longsor sangat besar. Untuk warga yang juga dekat bibir sungai juga patut waspada. Teliti volume air sungai, apabila meningkat warga segera untuk bersiap," ujarnya.

BPBD Kabupaten Malang terus memberikan imbauan kepada masyarakat atas berbagai potensi bencana alam di wilayahnya. Sehingga diharapkan warga pun semakin tanggap dan siaga atas bencana serta mampu meminimalisasi jatuhnya kerugian material, terutama korban jiwa.

Selain di enam kecamatan rawan bencana alam, tidak tertutup kemungkinan bencana juga terjadi di wilayah lainnya. Hal ini dikarenakan secara umum wilayah Kabupaten Malang memang memiliki potensi bencana alam. "Jadi, memang semua wilayah memiliki potensi. Tapi untuk enam wilayah tersebut kita imbau warga lebih waspada dan siaga," pungkas Bambang.

Top