Foto ilustrasi (ist)

Foto ilustrasi (ist)



MALANGTIMES - Ada banyak tradisi yang tak lazim dilakukan oleh masyarakat zaman dahulu. Tradisi tak lazim itu sebagian bisa kita lihat di Mesir melalui berbagai peninggalan zaman Mesir Kuno yang masih tersisa.

Ada beberapa cara hidup luar biasa yang dilakukan oleh orang-orang Mesir Kuno. Cara hidup yang mereka praktikkan cukup mengejutkan dan ternyata ada juga yang saat ini kita lakukan. Berikut ini 10 cara hidup mengejutkan yang dipraktikkan oleh orang Mesir Kuno yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Menggunakan Antibiotik

Meskipun antibiotik secara resmi baru ditemukan pada abad ke-20, para dokter di zaman Mesir Kuno telah menggunakan roti pipih berjamur untuk menyembuhkan luka bernanah. Dan pengobatan semacam itu cukup ampuh untuk menyembuhkannya.

2. Ahli Bedah atau Operasi yang Sulit

Orang Mesir Kuno memiliki pengetahuan yang akurat dan unik bisa dibandingkan dengan praktik kedokteran modern. Para ilmuwan yang memeriksa mumi menemukan jejak dari beberapa operasi yang cukup rumit, seperti operasi bypass jantung, transplantasi organ, dan bahkan operasi plastik. Sayangnya, pengetahuan orang Mesir Kuno ini telah banyak yang hilang, dan kini tak bisa menjelaskan lebih jauh kemampuan dokter-dokter kuno tersebut.

3. Menemukan Pasta Gigi

Ada beberapa bukti yang menunjukkan orang Mesir Kuno telah memproduksi pasta gigi sejak tahun 5000 SM. Mereka biasa memproduksi bubuk yang terdiri dari berbagai bahan yang tersedia untuk mereka, seperti cangkang telur yang dibakar dan batu apung. Namun, saat ini kita tidak tahu cara yang tepat untuk menggunakan pasta seperti itu.

4. Permainan Mirip Bowling

Dalam satu pemukiman kuno di dekat Kairo, ada sebuah ruang bermain yang berasal dari tahun 3200 SM dengan jalur berukir dan bola dengan berbagai ukuran. Pada bola tersebut terdapat  sejumlah lubang untuk memasukkan jari. Meski aturan mainnya mungkin berbeda, tapi permainan ini masih bisa dikenali, yakni mirip bola bowling.

5. Membentuk Kepolisian Pertama di Dunia

Pasukan kepolisian pertama di dunia dibentuk pada periode Kerajaan Tengah, antara tahun 2050-1800 SM. Pasukan ini mencakup prajurit-prajurit paling setia dan tentara bayaran asing. Polisi Mesir Kuno bekerja dengan didampingi anjing dan monyet. Mereka bertugas melindungi kuil dan alun-alun kota, perwakilan kelas ke atas, dan kafilah dari ancaman penjahat.

6. Kaum Pertama yang Memproduksi Bir

Sebagian besar dari kita tahu bahwa para pekerja yang membangun piramida itu dibayar dengan bir sebanyak 4-5 liter sehari. Jadi kita dapat menyimpulkan bahwa pembuatan bir pada masa itu telah berada pada tingkat yang sangat baik. Orang Mesir adalah salah satu yang pertama menghasilkan minuman ini di dunia.

7. Mengekstrak Besi dari Meteorit

Sejumlah arkeolog menemukan manik-manik logam di sebuah makam kuno. Manik-manik ini terbilang unik karena orang Mesir baru mulai mengenal besi hanya 2.000 tahun setelahnya. Jadi bagaimana orang Mesir Kuno mendapatkan manik-manik logam tersebut? Jawabannya tersembunyi dalam satu hieroglif yang berarti besi dan bisa diterjemahkan sebagai "logam dari langit". Manik-manik itu kemungkinan besar terbuat dari bahan meteorit.

8. Menggunakan Kunci Pintu

Kunci pintu dibuat pertama kali di Mesir dan China, mungkin karena perangkat semacam itu sangat dibutuhkan pada masa itu. Semakin banyak orang yang tinggal di dekatnya, semakin banyak alasan yang ditemukan penduduk untuk mengunci pintu mereka. Kunci kayu Mesir saat itu terlihat memiliki mekanisme yang sangat sederhana.

9. Mengobati Mata

Infeksi mata adalah penyakit umum di antara orang Mesir Kuno. Mereka menggunakan berbagai metode pengobatan yang tak jarang pula tampak aneh, yakni terkadang menggunakan cat bakterisida dan pengobatan yang terbuat dari otak manusia.

Bahkan ada satu resep yang berbunyi, "Bagilah otak manusia menjadi 2 bagian. Campurkan paruh pertama dengan madu, dan oleskan pada mata di malam hari. Keringkan paruhannya yang kedua, dan oleskan di pagi hari". Namun, hingga kini belum diketahui apakah resep ini manjur atau tidak.

10. Praktik Aborsi

Meski aborsi saat ini masih marak diperbincangkan, faktanya aborsi telah ada sejak masa kuno. Hal ini diketahui melalui bukti tulis dari papirus kerajaan Mesir Kuno. Papirus tersebut merupakan bukti pertama mengenai praktik aborsi yang dilakukan wanita.

Cara melakukan aborsi pada masa kuno dilakukan dengan cara-cara alami, seperti melakukan kegiatan fisik ekstrem. Misalnya, wanita memanjat tebing, mengangkat beban, berenang atau menyelam agar keguguran. Ada juga yang menggunakan cara seperti menyiram air panas pada perut, makan makanan yang mengiritasi, berpuasa, dan cara lainnya yang tidak melibatkan operasi sama sekali.

End of content

No more pages to load