Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba-Serbi

Pernikahan-Pernikahan Super-Mahal di Dunia, Gelontorkan Dana hingga Rp 1,8 Triliun

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

01 - Feb - 2019, 09:34

Syekh Muhammad dan sheikha Kind Binti Maktoum, pasangan yang menggelontorkan dana pernikahan hingga Rp 1,8 triliun.
Syekh Muhammad dan sheikha Kind Binti Maktoum, pasangan yang menggelontorkan dana pernikahan hingga Rp 1,8 triliun.

MALANGTIMES - Menikah adalah memadukan cinta kasih manusia dalam sebuah upacara sakral untuk kehidupan. Pernikahan merupakan momen yang ditunggu-tunggu setiap pasangan yang sudah tidak sabar mengikat janji berumah tangga. 

Ada yang merayakan pernikahannya secara sederhana. Namun, ada yang dirayakan secara mewah hingga menghabiskan dana ratusan miliar hingga triliunan. Berikut ini pernikahan super-mahal yang pernah terjadi di dunia ini.

1. Syekh Muhammad dan Sheikha Kind Binti Maktoum

Sepanjang sejarah modern, pernikahan penguasa Dubai di Uni Emirat Arab ini disebut paling mewah. Pesta digelar untuk seluruh rakyat tahun 1979, sampai-sampai menyewa stadion terbesar agar tamu undangan tertampung semuanya. Pesta digelar selama 7 hari 7 malam dengan menggelontorkan dana Rp 1,8 triliun. 

2. Pangeran Charles dan Putri Diana

Ayah Pangeran William ini ternyata gila-gilaan ketika menikah pada 1981 lalu. saat menyunting Putri Diana, Kerajaan Inggris menggelontorkan dana Rp 1,5 triliun dan salah satu yang termewah pada abad ke-20. Putri Diana juga dikenang karena menggunakan gaun sepanjang 7,6 meter.

3. Isha Ambani dan Ajay Piramal

Ayah Isha Ambani adalah Mukesh Ambani, orang terkaya di India dan salah satu orang terkaya dunia. Karena itu, tak heran jika pernikahannya dengan Anand (Ajay) Piramal  menghabiskan dana sebesar USD 100 juta atau sekitar 1,4 triliun rupiah. 

Pernikahan itu digadang-gadang sebagai pernikahan yang  terbaik setelah pernikahan Putri Diana dan Pengeran Charles pada 12 Desember 1981. Pesta yang dilakukan selama satu minggu. 

Sebelum acara digelar, Isha mengundang kalangan selebriti dunia seperti Beyonce hingga Hillari Clinton. Karena banyaknya tamu VVIP, panitia harus memesan 5 hotel bintang 5. Undangan yang disebar pun dilengkapi degan kalung dan batu mulia senilai Rp 61 juta.

4. Pangeran William dan Kate Middleton 

Pernikahan Pangeran William dari Kerajaan Inggris dengan Kate Middleton dari keluarga biasa itu dinobatkan sebagai pernikahan termewah abad 21. Kerajaan menggelontorkan sebesar Rp 379 miliar untuk pesta  supermewah yang berlangsung selama 2 pekan ini. 

5. Raja Felipe dan Putri Letizia Ortiz

Pangeran Felipe dari Kerajaan Spanyol itu menikah dengan Letizia Ortiz, seorang presenter televisi, tahun 2004. Pernikahan digelar selang tiga bulan setelah pesta besar Raja Maroko. Seakan tak mau kalah, dana sebesar Rp 422 miliar digelontorkan dalam pernikahan di Ibu Kota Madrid dan beberapa kota lainnya tersebut. 

Mereka juga menyewa 18 ribu tenaga pengamanan, termasuk polisi dan tentara, untuk mengamankan pesta mereka. Yang pasti, hidangan yang disuguhkan itu kelas I. Dan Pangeran Felipe memberikan maskawin koin emas sejumlah miliaran rupiah sebagai tradisi kerajaan.

6. Raja Muhammad Vi dan Putri Lalla Salma

Pernikahan bangsawan Maroko itu digelar pada tahun 2004 di ibu kota Raban. Sang raja sudah naik tahta sejak tahun 1999, namun baru menikah 5 tahun kemudian.

Raja Muhammad bertemu dengan Lalla di sebuah pesta 2 tahun sebelum pernikahan mereka. Keduanya sama-sama insinyur teknik komputer dan kuliah di Amerika Serikat. 

Pernikahan ini digelar habis-habisan langsung 7 hari dan mengundang lebih dari 100 ribu tamu. Salah satu tokoh dunia yang diundang adalah mantan Presiden Amerila Serikat Bill Clinton. Pernikahan itu menggelontorkan dana Rp 145 miliar. 

7. Almustadee Billah dan Sarah Saleh

Almustadee Billah adalah pangeran Brunei Darusalam. Pernikahan mereka dihelat selama 7 hari 7 malam. Mereka rela mengeluarkan dana sebesar Rp 81 miliar untuk serangkaian pernikahannya.

8. Paul Mccarthey dan Heather Mills

Paul Mccarthey adalah seorang penyanyi berkebangsaan Inggris yang terkenal sebagai salah satu personel The Beattles. Ia menikah pada tahun 2002 silam dengan upacara pernikahan yang super-mewah dan mahal. 

Pernikahan bertemakan India itu digelar di gereja Irlandia. Berbagai macam dekorasi indah dan mahal ikut menghiasi resepsi mereka. Misalnya bunga senilai 145 ribu dolar dan kembang api 150 ribu dolar. Total biaya Rp 42 miliar. Namun sayang hubungan mereka hanya sampai di tengah jalan. Keduanya bercerai pada 26 Juli 2006 lalu. 

9. Christina Aguilera dan Jordan Bratman

Pernikahan bintang pop Christina Aguilera ini dengan produser Jordan Bratman memakan biaya yang sangat mahal, yakni lebih dari Rp 28 miliar. Pernikahan yang dilaksanakan pada tahun 2005 silam itu dihadiri oleh 150 tamu kebormatan.  

Untuk gaun bergaya Spanyol saja, Christina Aguilera harus mengeluarkan Rp 963 juta. Dekorasi juga sangat mewah dengan tema tenda musim dingin dan mawar putih perak, silver, dan kristal. Sayangnya pada 15 April 2011, mereka resmi bercerai di California.

 


Topik

Serba-Serbi malang berita-malang Pernikahan-Super-Mahal-di-Dunia pernikahan-mewah


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni