Unik, Ada Ritual Lempar Celana Dalam di Astana Gede Kawali Ciamis

Jan 31, 2019 10:15
Suasana di Astana Gede Kawali Ciamis.
Suasana di Astana Gede Kawali Ciamis.

MALANGTIMES - Ada-ada saja kelakuan manusia zaman sekarang. Salah satunya ritual khusus jika perempuan ingin terlihat cantik.

Ritual itu bisa Anda temui jika datang langsung ke Kabupaten Ciamis. Tepatnya di Mata Air Cikawali, Situs Astana Gede Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Baca Juga : Baju Kedodoran Ala Billie Eilish: Tak Ada yang Intip Lekuk Tubuh Saya

Di sini ada ritual untuk buang sial atau Anda yang ingin terlihat cantik. Yaitu dengan cara lempar celana dalam sehabis mandi.

 Di sana Anda mungkin heran mengapa banyak sekali celana dalam berserakan di sekitar kolam atau yang nyangkut di pohon maupun berserakan di tanah.  Ternyata, celana dalam itu milik para pengunjung yang sengaja dibuang usai menggelar ritual mandi di kolam Cikawali. 

Peziarah atau wisatawan yang telah mandi di Cikawali akan melakukan ritual membuang pakaian dalam mereka di lokasi tersebut. Hal itu dilakukan karena diyakini dapat membuang sial dan juga menambah kecantikan.

Menurut budayawan Ciamis yang juga warga di Astana Gede Kawali, Fahmy Husnulyaqin, seperti dikutip media lokal setempat, banyak peziarah wanita yang melakukan ritual mandi di kolam Cikawali. Mereka meyakini bahwa kolam yang airnya disuplai dari sumber mata air ini dulunya sering digunakan tempat mandi oleh Diah Pitaloka Citra Resmi yang merupakan putri raja Kerajaan Galuh.

Diah Pitaloka adalah putri raja Galuh yang sangat terkenal dengan kecantikannya. Bahkan, dia sempat dinginkan oleh Hayam Wuruk dari Kerajaan Majapahit untuk dipersunting menjadi istrinya. Namun, pernikahan keduanya gagal menyusul terjadinya tragedi Perang Bubat yang menjadi sejarah kelam dalam perjalanan Kerajaan Galuh dan Majapahit. 

Ritual lempar celana dalam ini dilakukan pada Selasa malam dan Kamis malam. Pengunjung yang melakukan ritual ini umumnya berjenis kelamin perempuan. 

Celana dalam wanita yang dilempar peziarah usai mandi di Kolam Cikawali di Situs Astana Gede Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terlihat menggantung di pohon. 

Prosesi ritual diawali dengan mandi di kolam Cikawali terlebih dahulu. Setelah itu, mereka baru diperkenankan untuk membuang celana di sekitar lokasi. Mereka yang datang ke Cikawali kabarnya banyak berasal dari daerah Jawa Tengah.

Baca Juga : Konser God Bless di Malang, Nikmati Sensasi Sound System 30 Ribu Watt

Entah bagaimana awalnya, setiap pengunjung wanita usai melakukan ritual mandi di kolam tersebut pastinya langsung melempar celana dalamnya. Celana dalam yang dilempar bukan yang baru, tapi justru yang sudah dipakainya. Ritual lempar celana dalam itu sebagai simbol membuang sial dan berharap keberuntungan dalam kehidupannya.

Hasilnya, setiap Kamis siang atau Jumat siang banyak pakaian dalam ditemukan berserakan di sekitar lokasi, baik yang tergeletak di tanah ataupun yang nyangkut di pohon bambu.

 Ritual itu sudah ada sejak dulu. Namun tidak ada yang mengetahui secara pasti awal mula yang membawa ritual itu. Sebab, masyarakat sekitar situs jarang yang melakukan ritual tersebut. 

Fahmy menerangkan, ritual membuang pakaian dalam itu sudah lama dilakukan oleh wisatawan yang datang. Caranya, pakaian dalam itu dibuang ke arah mana saja, tapi dengan membelakangi arah yang dilempar. Karena suasana pada malam hari gelap, pakaian dalam itu bisa jatuh di mana saja.

Meski begitu, kata Fahmy, pengunjung selalu diingatkan untuk membuang celana ke arah pohon bambu atau semak belukar agar tidak mengganggu kebersihan area situs. Ia mengatakan, membuang nasib buruk disimbolkan dengan tindakan melempar celana. 

Menurut dia, ritual ini sulit dihilangkan karena sudah tertanam kuat dalam kebiasaan ritual di situs tersebut. Hal inilah yang menjadikan ritual ini ada sampai dengan detik ini.

“Ritual itu sudah menjadi mitos dan sudah ada sejak dulu. Bahkan, para sesepuh di sini pun tidak ada yang mengetahui secara pasti awal mula adanya ritual lempar celana dalam,” ujarnya.

Topik
Berita Malangritual khusus perempuan ingin terlihat cantikdi Mata Air CikawaliSitus Astana Gede Kawali

Berita Lainnya

Berita

Terbaru