MALANGTIMES - Nasib tragis yang menimpa Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Malang, kembali terjadi. Setelah mencatatkan kasus kematian PMI Kabupaten Malang di tahun 2016 sebanyak 12 orang serta diikuti kasus yang sama di tahun berikutnya, kini di awal tahun 2019, kembali PMI asal Kabupaten Malang mengalami kasus serupa.

PMI Kabupaten Malang tersebut bernama Supriyatin (27) asal Kalipare. Sebagai salah satu wilayah yang tercatat sebagai lumbung PMI Kabupaten Malang sampai saat ini.

Dipastikan, kematian Supriyatin dikarenakan bunuh diri. Gara-gara terbelit hubungan asmara. Jasadnya ditemukan di salah satu kamar rumah majikannya di Hongkong yang berada di komplek Prumahan Blok 8, Hoi Fa Road, Tai Kok Tsui, Hongkong.

Hal ini disampaikan oleh Muhammad Iqbal, Kepala Pos Pelayanan, Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P4TKI) Malang, Rabu (30/01/2019).

"Betul. Telah terjadi kasus bunuh diri yang menimpa PMI warga Kalipare. Jenazahnya sudah dikirimkan dan petugas akan membantu proses pemulangan dari Bandara Djuanda hingga Kalipare. Seluruh proses menggunakan fasilitas pemerintah," kata Iqbal.

Iqbal melanjutkan, kematian warga Kalipare akibat bunuh diri berasal dari hasil autopsi. Saat jasadnya disemayamkan di rumah duka Kwai Chung Mortuary Hongkong selama proses penyelidikan polisi setempat. 

"Tidak ada sebab lain, jadi meninggalnya memang karena seperti yang diketahui sebelumnya (bunuh diri). Tidak ada unsur lain, tidak ada sebab lain di luar itu," terang Iqbal.

Sedangkan mengenai penyebab Supriyatin bunuh diri yang disebutkan karena persoalan asmara, Iqbal tidak terlalu detail menceritakan kronologis dan dengan siapa korban terlibat asmara tersebut.

Kasus meninggalnya PMI di Hongkong tersebut, menambah panjang daftar kematian para pekerja warga Kabupaten Malang. Walau dengan berbagai sumber kematian yang berbeda-beda, tentunya menjadi sinyal bagi pemerintah untuk semakin menguatkan fungsinya dalam melindungi warganya.

Tidak hanya memberikan keterampilan kerja dan bahasa saja, tapi juga penguatan rohani atau mental dalam berbagai pelatihan, diklat dan lain sejenisnya.

Dari data yang tercatat, sejak tahun 2016 dari total PMI yang meninggal dunia sebanyak 12 orang. 3 diantaranya meninggal di Hongkong. Tahun berikutnya yaitu 2017 satu PMI dan tahun 2018 juga 1 PMI yang berasal dari Desa Bangelan, Wonosari.

Kasus kematian PMI di Hongkong kini ditambah dengan adanya peristiwa yang menimpa warga Kalipare tersebut. Sehingga bisa dikatakan, setiap tahun ada warga Kabupaten Malang yang meninggal dunia di Hongkong.