Sepeda yang dicuri RF DNA dua rekannya yang masih dalam pencarian (Polsek Sukun)
Sepeda yang dicuri RF DNA dua rekannya yang masih dalam pencarian (Polsek Sukun)

MALANGTIMES - Miris memang perilaku anak-anak saat ini contohnya seperti RF (16) seorang anak yang berasal Baran, Kelurahan Tlogowaru, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, namun tinggal di kawasan Jl Putra Yuda I, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Betapa tidak, bukannya bersekolah dan belajar dengan rajin, ia malah melakukan aksi yang tak terpuji, yakni mencuri sebuah sepeda angin milik warga di kawasan Jalan Parkit Selatan.

Baca Juga : Di Tengah Pandemi Covid 19, Pelaku Curnamor Makin Liar, Sehari Dua Motor Digasak

Terungkapnya kejadian pencurian sepeda tersebut bermula ketika pada Senin (28/1/2019) sekitar pukul 02.15 wib, patroli anggota Polsek Sukun melintas di kawasan Jalan Bandulan Gang VIII, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Saat itu petugas mendapati tiga orang anak yang berboncengan tiga, sementara anak yang paling belakang terlihat memangku sebuah sepeda, tanpa dinaiki. Melihat itu, petugas yang curiga, lantas segera saja mendekati ketiga anak yang berboncengan motor tersebut.

Setelah berhenti, dan satu rekannya yang paling belakang yakni RF turun, dua temannya tersebut justru segera kabur tancap gas meninggalkan RF bersama sepeda anginnya karena ketakutan didatangi oleh polisi.

Setelah tertangkap, petugas kemudian mencecarnya dengan sejumlah pertanyaan. Sampai akhirnya kemudian pelaku mengaku bahwa sepeda yang ia bawa merupakan hasil dari mencuri dari rumah salah seorang warga.

Kepada petugas ia memang mengaku bersama dua temannya berkeliling pada dinihari untuk mencari sasaran. Setelah tiba di Jalan Parkir, mereka menemukan sasaran sebuah sepeda yang diparkir di depan rumah. Meskipun dalam keadaan terkunci, namun dengan upaya yang dilakukan pelaku, ditambah situasi yang sepi, mereka akhirnya berhasil menggondol sepeda tersebut.

Baca Juga : Pelaku Pencabulan di Jatimulyo Disebut Punya Kelainan Seks terhadap Anak

Dari situ, petugas kemudian membawanya ke Polsek Sukun, guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Diketahui, ternyata sepeda tersebut milik seorang warga bernama Prabono (32) warga Jalan Parkit Selatan. Keesokan harinya, setelah kejadian, korban lantas melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Sukun.

Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri SIK melalui Kapolsek Sukun Kompol Anang Trihananta,  membenarkan kejadian serta penangkapan tersebut. Namun lebih lanjut ia menjelaskan, jika saat ini kasusnya dilimpahkan ke Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Malang Kota.

"Karena mengingat usianya masih di bawah umur, kita limpahkan ke PPA Polres Malang Kota," pungkasnya (30/1/2019).