MALANGTIMES - Jalur black spot Jalan Kolonel Sugiono, Kecamatan Sukun, Kota Malang, bakal dilebarkan. Pelebaran di jalan provinsi itu segera dilakukan berdasarkan kajian  Polres Malang Kota dan Polda Jatim  bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Provinsi Jatim.  Rencananya, pelebaran dilakukan sepanjang 500 meter.

Kanit Laka Polres Malang Kota Iptu Sutadi ketika ditemui di kantornya  (30/1/2019) mengatakan, pelebaran jalan pada jalur black spot tersebut dimulai dari kawasan SPBU Ciptomulyo dan diperkirakan sampai kawasan depan Pasar Gadang lama.

"D isana kan jalurnya menyempit. Setelar lebar, langsung menyempit. Makanya perlu dilebarkan," ujarnya.

Wacana pelebaran jalan tersebut bukan pasca-terjadinya kecelakaan yang menewaskan seorang anggota polisi dari Polres Mojokerto dulu.  Namun rencana ini sudah bergulir jauh sebelum kecelakaan itu terjadi.

"Di sana kan memang sering ada kecelakaan. Jalurnya banyak dilewati kendaraan besar. Makanya hal itu (pelebaran) dirasa perlu guna meminimalisasi kecelakaan. Masyarakat juga harus berhati-hati melewati  jalur black spot lainnya, seperti Jalan LA Sucipto, Mayjen Sungkono, dan Panglima Sudirman," ungkapnya

Jalan Kolonel Sugiono nsnti akan dilebarkan sekitar satu meter, baik sisi kanan maupun kiri. "Dan pihak polda dan dari PU provinsi sudah sempat melihat lokasi dan mengatakan saat ini sudah dianggarkan pada 2019. Namun kapan pelaksanaannya, masih belum ada informasi lagi," ungkap Sutadi.

Polres Malang Kota  berharap agar pelebaran Jalan Kolonel Sugiono segera terlaksana. Tujuannya lalu lintas dibjalur tersebut semakin lancar dan angka kecelakaan bisa semakin diminimalisasi

"Kalau kami  inginnya  ya dilebarkan sampai perempatan Gadang. Tapi kan kewenangan dari provinsi. Sebab, di sana kan juga ada sebagian toko yang lahannya kena jika dilebarkan," ungkap Sutadi.