Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko (peci hitam) saat menghadiri Seminar Nasional Ekonomi Berbasis Pancasila di Universitas Negeri Malang. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES)

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko (peci hitam) saat menghadiri Seminar Nasional Ekonomi Berbasis Pancasila di Universitas Negeri Malang. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES)



MALANGTIMES - Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko membeber soal nilai-nilai ekonomi yang berlandaskan Pancasila. Menurutnya, penting bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi kearifan lokal dalam mencari solusi berbagai permasalahan ekonomi di Indonesia, khususnya di Kota Malang. 

Hal itu disampaikan saat menjadi pembicara dalam Seminar Nasional Menggali Nilai-Nilai Ekonomi Keindonesiaan Berbasis Pancasila, hari ini (29/1/2019) di Gedung Graha Cakrawala, Universitas Negeri Malang (UM). Menurut Bung Edi, sapaan akrabnya, nafas penting bidang ekonomi sudah tertuang dalam Pancasila dan juga Undang-Undang Dasar 1945.

Bahwa perekonomian bangsa diletakkan pada sendi-sendi kerakyatan, kebersamaan dan kegotongroyongan. "Yang sering kali dirujuk, adalah ekonomi koperasi dengan turunannya adalah ekonomi kerakyatan yang termanifestasi pada kelompok usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM)," terangnya.

Meski demikian, lanjut Edi, realita pasar menggambarkan bahwa sektor koperasi masih pada posisi yang belum begitu kuat dalam pertarungan pasar global. "Pun demikian dengan sektor UMKM. Kedua institusi ekonomi tersebut seringkali dihimpit oleh bisnis bisnis usaha yang bersifat konglomerasi, dan kini juga dihadapkan dengan pertumbuhan e-commerce atau pasar berbasis online," tandasnya.

"Saya berharap ada satu rekomendasi kuat bagi model perekonomian nasional yang tidak lepas dari nilai-nilai Pancasila. Terutama agar yang lokal mampu bertarung secara kompetitif di pasar global," harapnya. 

Dia juga mengimbau harus dibangun satu kolaborasi kuat antara pebisnis dengan UMKM. "Jangan ada yang kuat melemahkan kelompok ekonomi mikro, inilah esensi dari ekonomi berbasis Pancasila," tegas politisi Golkar itu. 

Sementara itu, Wakil Rektor I Universitas Negeri Malang, Budi Eko Soetjipto menyampaikan pesan bahwa melalui kegiatan tersebut diharapkan agar para mahasiswa dapat memperoleh gambaran tentang nilai-nilai ekonomi yang berbasis Pancasila. Sekaligus, dapat menjabarkannya pada dunia usaha.

 

End of content

No more pages to load