Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Begini Kronologi Duplikasi Akun Facebook Wakil Wali Kota Batu yang Membuat Geger Banyak Orang

Penulis : Irsya Richa - Editor : Heryanto

29 - Jan - 2019, 17:19

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat menunjukkan akun duplikasi orang yang tidak dikenal di Polres Bati, Selasa (29/1/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat menunjukkan akun duplikasi orang yang tidak dikenal di Polres Bati, Selasa (29/1/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso membeberkan kronologi akun media sosial facebook miliknya yang diduplikasi oleh orang yang tidak dikenal. 

Melihat sejumlah keanehan pada akun facebook politisi PDIP itu, puluhan rekan Punjul ramai-ramai minta penjelasan kepada Wakil Dewanti Rumpoko tersebut.

Baca Juga : Viral Video Warga Beri Semangat kepada Pasien Positif Covid-19

Punjul menceritakan kejadian itu bermula, Selasa (29/1/2019) pada pukul 11.30 WIB akan melaksanakan salat dhuhur di Masjid Brigjen Soegiyono Balai Kota Among Tani. 

Setelah salat ia memutuskan untuk mendengarkan ceramah hingga pukil 12.30 WIB.

“Setelah mengikuti ceramah di masjid, saya kembali ke ruangan saya di lantai 4 Balai Kota Among Tani. Kemudian gawai (handphone) saya dan kantor banyak yang telepon,” kata Punjul. 

Para rekan banyak yang dihubungi orang yang tidak dikenal mengatasnamakan Punjull (double l) Santoso itu langsung mengklarifikasi. Untuk menanyakan kegiatan santunan tersebut. 

“Telefon ke kantor benar enggak mengadakan acara santunan itu dengan minta sumbangan. Kemudian adik kandung saya menghubungi juga dan mengirimkan hasil percakapan itu,” imbuhnya saat ditemui di Polres Batu.

Ia menjelaskan ternyata akun facebooknya itu diduplikasi dengan menggunakan akun baru.

Nama Punjull Santoso (dobel l). Akun itu meminta puluhan pertemanan yang sudah dikenal oleh Punjul. 

“Di dalam profile facebook yang baru itu tertera juga tanggal, bulan, dan tahun kelahiran yakni 29 september 1967. Sedangkan kelahiran saya 21 Juli 1962,” tambah pria yang juga mantan Anggota DPRD Kabupaten Malang ini.

Baca Juga : Mokong Keluyuran Malam Hari, Warga Jalani Rapid Test Covid-19 di Tempat

Meskipun foto profile facebook itu sama lanjut Punjul, yang membedakan adalah dengan adanya terdapat foto sampul. Foto sampul itu terpasang foto Punjul mengenakan seragam. 

“Kalau yang punya saya asli itu enggak ada foto sampulnya, hanya foto profilenya saja. Dan ini jelas bukan akun saya,” jelasnya.

Mengetahui hal tersebut Punjul pun langsung bertindak dengan menghubungi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu untuk melakukan pemblokiran. 

“Supaya enggak ada korban, saya sudah membuat klarifikasi di facebook dan melalui pesan singkat yang telah disebarkan,” tutup bapak tiga anak ini.

Sedang dalam akun itu mengajak rekan Punjul  memberikan sumbangan untuk kelancaran kegiatan santunan yang akan digelar sore hari.

Yang nantinya jika berkenan menyumbangkan untuk dikirim pada rekening yang telah diberikan itu. 


Topik

Peristiwa Wakil-Wali-Kota-Batu Punjul-Santoso duplikasi-akun-facebook


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Heryanto