Gambar messengger percakapan akun palsu Punjull dengan salah satu rekan Wakil Wali Kota Batu.
Gambar messengger percakapan akun palsu Punjull dengan salah satu rekan Wakil Wali Kota Batu.

MALANGTIMES - Akun media sosial Facebook milik Wakil Wali Kota Batu disalahgunakan oleh pihak yang ingin meraup keuntungan. Orang yang tidak dikenal itu menduplikasi dengan akun baru untuk ikut dalam kegiatan memberikan santunan.

Orang yang tidak dikenal itu membuat duplikasi facebook dengan nama akun ‘Punjull (abjad ll)’. Sedangkan akun facebook yang asli milik Punjul Santoso dengan nama yang sama.

Dalam pesan itu akun facebook dengan nama Punjull itu mengirim pesan kepada salah satu akun. Percakapan dimulai dengan menyakan ‘lagi sibuk tidak’ kemudian dibalas akun tersebut ‘nggeh (iya) kenapa pak’. Akun palsu itu kemudian menjawab ‘Ini aku lagi adakan acara buat bantuan santunan anak-anak panti. Mohon partisipasinya’.

Lalu dibalas ‘nggeh pak partisipasi dalam bentuk apa ya?’. Dibalas oleh akun palsu itu ‘Bantuan Dana Semampunya Saja’. Kemudian dijawab ‘Dananya dialokasikannya ke mana nggeh pak. 

Akun palsu itu memberikan jawaban ‘Bank Bca 8905411230 a/n Revita Yolasari. Acara habis dzuhur ini. Ditunggu infonya segera’. Pesan itu lah yang tersebar disalah satu facebook.

Mengetahui hal tersebut, Selasa (29/1/2018) Punjul Santoso langsung melakukan pelapotan ke Polres Batu pukil 15.00. Tindakan lain yang dilakukan dengan mengklarifikasi mengirimkan pesan melakui whatsapp kepada rekan-rekannya.

‘Mohon perhatian, Apabila ada kiriman melalui messenger media sosial mengatasnamakan Punjul Santoso di mana dalam pesan tersebut meminta partisipasi bantuan dana untuk kegitan sosial apapun, saya nyatakan itu tidak benar dan akun tersebut adalah akun palsu’

“Iya mengetahui hal ini saya langsung memberikan klarifikasi agar tidak ada korban yang terkena penipuan ini,” ujar Punjul saat di Polres Batu.