Wali Kota Malang, Sutiaji (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Wali Kota Malang, Sutiaji (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Iklim persaingan sehat antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  Kota Malang kembali diciptakan. Kali ini, Wali Kota Malang mewujudkan hal itu dengan menantang masing-masing OPD untuk membuat inovasi, minimal satu dalam satu tahun.

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, setiap OPD wajib untuk membuat sebuah inovasi dalam memberi layanan kepada masyarakat. Bahkan hal itu sudah ia tegaskan sejak proses lelang kinerja yang diikuti oleh seluruh OPD di Kota Malang.

"Ini untuk mendorong program One Agency One Innovation," katanya belum lama ini.

Untuk mendorong semangat masing-masing OPD, Sutiaji menyebut jika saat ini sudah mulai digelar kompetisi. Kompetisi dengan penilaian khusus itu digelar sejak Januari 2019 dan berakhir pada 31 Maret mendatang.

"Ini salah satu upaya untuk meningkatkan layanan publik kepada masyarakat," paparnya lagi.

Pria berkacamata itu juga menjelaskan jika pemenang kompetisi tersebut nantinya akan diikutkan dalam program inovasi pelayanan publik tingkat provinsi atau KOVABLIK dan kompetisi inovasi pelayanan publik SINOVIK yang diselenggarakan Kementerian PAN-RB.

Sebelumnya, Wali Kota Malang juga sudah menegaskan program inovasi tersebut dalam lelang kinerja yang dilakukan belum lama ini. Masing-masing OPD saat itu ditarget membuat inovasi baru lengkap dengan targetnya masing-masing. Saat ini, lelang kinerja tersebut telah disepakati dan menjadi program prioritas hingga lima tahun mendatang.