Maket rencana pembangunan gedung baru di kawasan Balai Kota Malang (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Maket rencana pembangunan gedung baru di kawasan Balai Kota Malang (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Penuhi kebutuhan gedung, Pemerintah Kota Malang rencanakan bangun kantor delapan lantai. Bangunan tersebut rencananya akan dibuat di kawasan Balai Kota Malang saat ini.

Kepala Dinas PUPR Kota Malang, Hadi Santoso menyampaikan, rencana awal, bangunan yang menghabiskan anggaran sekitar Rp 46 Miliar itu akan dibangun setinggi delapan lantai. Namun memperhatikan Perda RT/RW, rencana tersebut masih akan dikaji ulang.

"Akan ada review desain, karena kebutuhannya memang delapan lantai, maka akan ada dua masa bangunan yang masing-masing bangunan setinggi empat lantai," katanya pada wartawan, Senin (28/1/2019).

Menurutnya, pembangunan kantor tersebut bukan diperuntukkan sebagai kantor terpadu. Melainkan untuk memenuhi kebutuhan kantor bagi beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang selama ini masih kurang representatif.

Diantaranya seperti kantor Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) yang saat ini masih melekat dengan Stadion Gajayana. Kemudian Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Lingkungan Hidup, hingga kantor Satpol PP yang dinilai ukurannya masih terlalu kecil.

"Akan ada di bagian belakang Balai Kota Malang. Nanti beberapa bangunan di belakang itu akan dirobohkan," imbuh pria yang akrab disapa Sony itu.

Sony juga menjelaskan, selama proses pembangunan, OPD yang menempati gedung-gedung yang dirobohkan tersebut dapat memanfaatkan gedung perkantoran. Namun terkait biaya sewa sepenuhnya ditanggung oleh masing-masing OPD, dan tidak dibebankan kepada Dinas PUPR.

Lebih jauh Sony menyampaikan jika reviewe desain akan dilakukan sampai Maret mendatang. Kemudian dilanjutkan dengan proses lelang pada April 2019. Sementara pada akhir 2019 ditargetkan bangunan sudah berdiri, dan dapat digunakan pada 2020.