Para ASN saaat mendapatkan Pengarahan Wali Kota Batu kepada seluruh pejabat struktural eselon II, III, dan IV di Graha Pancasila, Senin (28/5/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Para ASN saaat mendapatkan Pengarahan Wali Kota Batu kepada seluruh pejabat struktural eselon II, III, dan IV di Graha Pancasila, Senin (28/5/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

MALANGTIMES - Pemkot Batu bakal membekali kurang lebih 60 aparatur sipil negara (ASN) yang bakal pensiun pada tahun 2019 ini. Pembekalan ini diberikan untuk menghindari post power syndrome.

Baca Juga : Warga Terdampak Covid-19 di Kabupaten Malang, Bakal Dapat Pasokan Makanan Dapur Keliling

“Setiap tahunnya itu kurang lebih ada 60 ASN yang pensiun di Pemkot Batu. Dan pembekalan ini baru kita mulai tahun ini,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber daya Manusia (BKPSDM) Siswanto.

Adanya pembekalan ini merupakan program Penghantaran Pensiun Sejahtera. Hal ini dilakukan untuk menghindari selain mengalami post power syndrome sekaligus upaya menjamin kesejahteraan para ASN yang pensiun.

Selain itu, melihat selama ini yang terjadi, para pensiunan itu mengalami kebingungan untuk memanfaatkan waktu yang senggang. Karena itu, adanya pembekalan nantinya bis memberikan peluang kerja.

“Pembekalan ini diberikan supaya nanti bisa saja mereka membuka lapangan pekerjaan. Sehingga mereka bisa menghasilkan dan tidak bingung ketika berdiam diri di rumah,” imbuh Siswanto.

Baca Juga : Dinsos-P3AP2KB Salurkan Bantuan bagi 1.666 Warga Miskin

Nantinya mereka akan mendapatkan pembekalan seperti ekonomi kreatif dan sebagainya. Ia menjelaskan faktor dari post power syndrome itu salah satunya gaji yang didapatkan mengalami penuruan yang cukup drastis.

“Karena itu sangat penting kami memberikan bekal ini. Sambil kita mendatangkan pakar ekonomi produktif,” jelas pria yang juga pelaksana tugas (plt) kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ini. 

Menurut Siswanto, untuk para pensiunan itu, juga akan dibentuk kelompok usaha bersama. Nantinya pensiunan akan difasilitasi dalam kerja sama dengan pihak ketiga. Hingga saat ini jumlah ASN di Kota Batu tercatat 3.230 orang.