Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Mentas dari Nilai C, Kini Pemkot Batu Raih Nilai SAKIP B

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

26 - Jan - 2019, 19:42

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemkot Batu akhirnya bisa bernafas lega. Bagaimana tidak, capaian nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) akhirnya sesuai dengan target. Pemkot Batu akhirnya bisa mendapatkan nilai B.

Melihat memang sejak tahun 2025 hingga tahun 2017 silam nilai SAKIP Pemkot Batu adalah C dan ini merupakan nilai buruk. Diraihnya nilai itu karena para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa memberikan yang terbaik dalam setiap pelaksanaan program kerja.

Baca Juga : Hari Ini, Pemkot Malang Luncurkan Bansos Tahap Awal bagi Warga Terdampak Covid-19

Karena mampu menyinkronkan visi dan misi di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). “Kalau dulu dapat nilai C sebelumnya karena kurang adanya sinkronisasi antara visi dan misi di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),” kata Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso.

Ia menambahkan, nilai SAKIP tahun 2018 adalah 61.89 yang artinya mandapat kategori B. Nilai tersebut naik dari tahun 2017 dengan nilai 42,03 yang meraih kategori C.

“Sempat beberapa tahun mendapatkan nilai C. Dan di  tahun 2016 dengan nilai 41.72 dan tahun 2015 42.06 yang keduanya kategori C,” imbuhnya. 

Rencananya perolehan nilai itu akan diserahkan oleh Kemenpan RB pada 6 Februari 2019 mendatang di Golden Tulip Galaxy Hotel Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Tentunya dengan diraihnya nilai B ini sangat membanggakan. 

Baca Juga : Bantuan Pangan Non Tunai di Kota Batu Sudah Cair, Berikut Jadwal dan Lokasi Tokonya

“Dapat B ini bisa dikatakan peningkatan yang sangat drastis dari penilaian 4 sejak tahun 2015 sampai 2017, dan tahun 2018 nilai 6 sangat bagus,” jelas mantan anggota DPRD Kabupaten Malang ini.

Menurutnya peningkatan nilai itu jarang diraih oleh daerah lainnya. Tentunya dengan hasil penilaian B ini kedepannya harus dipertahankan dan harus ditingkatkan.


Topik

Pemerintahan berita-batu Kini-Pemkot-Batu Raih-Nilai-SAKIP-B


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya