Keindahan Agrowisaya Murbey di Ciamis Jawa Barat

Keindahan Agrowisaya Murbey di Ciamis Jawa Barat



MALANGTIMES - Ternyata, keberadaan batu kuda tak hanya beredar di Wisata Batu Kuda Manglayang. 

Situs alam tersebut bisa Anda jumpai juga di Kabupaten Ciamis, tepatnya di Wahana Agrowisata Murbey. 

Satu hal yang membedakannya adalah batu yang berada di Ciamis benar-benar dapat dilihat dengan mata kepala telanjang. 

Lain ceritanya dengan yang berlokasi di Manglayang, karena dipercaya hanya bisa dilihat beberapa orang saja. 

Nuansa mistis di sekitar batu kuda Ciamis Dikutif dari media online lokal galuh.id, Batu Kuda Ciakar, objek wisata tersebut berlokasi di Dusun Pasir Malang, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis. 

Kisah yang melatarbelakangi batu kuda tersebut pun tak jauh dari nuansa mistis khas daerah-daerah di Indonesia. 

Berdasarkan kepercayaan masyarakat sekitar, kalau Anda berani menungganggi batu tersebut, maka tak lama berselang Anda akan merasa pusing atau bahkan kesurupan. 

Sementara itu, Asep Hidayat selaku pengelola Wahana Agrowisata Murbey mengutarakan kalau lokasi batu kuda tersebut dulunya merupakan tempat menggembala kuda dan kerbau.

Kemudian, Asep yang juga merangkap sebagai kuncen Batu Kuda Ciakar menambahkan hewan-hewan yang digembalakan di lokasi tersebut kerap mengonsumsi serai atau sereh. 

Mitos lain yang beredar di tengah masyarakat Ciakar adalah adanya cahaya turun menyerupai meteor yang selalu turun ke batu kuda setiap malam Jumat. 

Namun, seperti halnya mitos di Manglayang, hanya segelintir orang saja yang pernah menyaksikan langsung cahaya tersebut. 

Bahkan Asep yang sehari-hari mengurus Wahana Agrowisata Murbey saja belum pernah mendapatkan pengalaman mistis tersebut. 

Meski demikian, dia juga meminta warga maupun pengunjung agar tidak mengucapkan kata-kata yang dianggap sompral, sebab akan mengganggu penunggu batu. 

Terlepas dari hal-hal mistis tersebut, Batu Kuda Ciakar yang berdiri di atas tanah milik pemerintah ini tetap jadi daya tarik wisatawan. 

Anda tidak perlu pusing menjelajahi lokasi wisata, karena batu tersebut berada tak jauh dari gerbang Wahana Agrowisata Murbey. 

Wahana agrowisata yang dikelola warga Ciakar Batu kuda yang berada di Wahana Agrowisata Murbey bukan satu-satunya objek yang dapat Anda jumpai di sana. 

Tempat wisata yang baru beroperasi selama 7 bulan sejak 2018 tersebut mempunyai daya tarik lain yang bakal membuat Anda terpukau menyaksikan panorama alam di sekitar Desa Ciakar. 

Apalagi kalau Anda bosan mengunjungi destinasi wisata yang sama saat berkunjung ke Ciamis dan membutuhkan opsi alternatif yang tak kalah menarik. 

Sejauh ini, Wahana Agrowisata Murbey yang menjadi rumah batu kuda mistis tersebut masih dikelola secara sukarela oleh masyarakat sekitar.

Asep pun mengaku kalau warga Desa Ciakar juga yang mengeluarkan biaya untuk mendirikan lokasi wisata swafoto atau selfie di sana meski sebenarnya objek wisata tersebut berdiri di atas tanah pemerintah Desa Ciakar. 

Hal ini mencakup saung yang dapat Anda dan wisatawan gunakan sebagai tempat istirahat. 

Dari tanaman herbal hingga lokasi swafoto Seperti yang telah disinggung, batu kuda hanya satu dari sekian hal yang dapat wisatawan sambangi saat berada di Wahana Agrowisata Murbey. 

Anda yang ingin mempelajari budidaya tanaman pun akan diperkenalkan pada tanaman palawija hingga tanaman herbal beserta manfaatnya.

Maka tak heran kalau wahana tersebut mulai direkomendasikan sebagai objek wisata edukatif di sekitar Ciamis. 

Sementara bagi wisatawan yang ingin mendapatkan foto-foto alam terbaik atau mengambil swafoto bersama orang tersayang, Wahana Agrowisata Murbey telah menyiapkan sejumlah spot yang bagus. 

Salah satu di antaranya adalah lokasi yang langsung memberikan view luas nan memukau dari wilayah pedesaan, pegunungan, hingga bentangan langit luas dalam satu frame. 

Lapar setelah melihat batu kuda dan berswafoto?

Tenang, Anda dapat memesan paket nasi liwet yang telah disediakan bersama minuman segar.

Untuk masuk ke Wahana Agrowisata Murbey, wisatawan dikenakan tiket masuk seharga Rp3.000 dan biaya parkir Rp2.000. 

Pemasukan tersebut juga yang digunakan sebagai biaya operasional pengelolaan tempat wisata.

Asep pun berharap pemerintah Ciamis bersedia membantu pengembahan agrowisata tersebut agar lebih layak dikunjungi dan dipromosikan dengan maksimal. 

Bagaimana? Apa Anda tertarik melihat langsung batu kuda Ciakar bersama di Wahana Agrowisata Murbey?

End of content

No more pages to load