Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Golongan Darah AB Sering Langka di Kota Batu, Yuk Bantu Donorkan Dititik-Titik Ini

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

24 - Jan - 2019, 18:07

Salah satu warga Kota Malang saat mendonorkan darahnya di The Onsen Resort, Kamis (24/1/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu warga Kota Malang saat mendonorkan darahnya di The Onsen Resort, Kamis (24/1/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dari sekian banyak golongan darah, golong AB yang sering dibutuhkan di Kota Batu. Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batu bekerjasama dengan sejumlah instansi di untuk mendonorkan darah. 

Untuk itu bagi  masyarakat yang ingin membantu mendonorkan darah bisa datang ke beberapa lokasi ini. Yakni di Markas PMI Kota Batu jalan Kartini Kelurahan Sisir, beberapa desa/kelurahan Kota Batu. Kemudian di Kusuma Agrowisata Kota Batu, The Onsen Resort Kota Batu, hotel Aston Inn Batu, dan beberapa titik lainnya.

Baca Juga : Kabar Baik, Satu Pasien Positif Covid19 Tulungagung Dinyatakan Sembuh

Dari sejumlah titik itu, PMI Kota Batu bisa mendapatakan kurang lebih 30 kantong. Untuk satu kantong itu berat mencapai 380 mililiter. Seperti halnya di The Onsen Resort mengadakan donor darah untuk seluruh kalangan masyarakat, Kamis (24/1/2019).

Dari puluhan masyarakat yang datang itu PMI Kota Batu hanya mendapatkan 19 kantong darah. Sebab banyak dari mereka terpaksa mengurungkan niatnya karena tidak memenuhi syarat sebagai pendonor. “Ada banyak yang mendaftar tetapi dari sekian banyaknya yang akan mendonor gagal karena tekanan darahnya, Hemoglobin yang tidak sesuai,” kata Ketua Markas PMI Kota Batu, Abdul Muntolib. 

Dari 19 kantong darah itu dari beragam jenis golongan darah mulai dari A, B, O, dan AB. Menurutnya bagi warga Kota Batu khususnya bisa mendonorkan darahnya di beberapa titik tersebut. “Apalagi kita yang sering kekurangan dan dibutuhkan itu yang jenis AB. Terlebih hasil donor dari target setiap tempat 30 kantong juga terkadang tidak memenuhi,” ujarnya.

Ia menjelaskan untuk 7 tempat itu setiap tiga bulan sekali pasti menggelar donor darah. Hal itu dilakukan karena pemintaan dari pengelola tempat tersebut. 


Topik

Kesehatan berita-batu Golongan-Darah-AB Sering-Langka-di-Kota-Batu


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya