Surabaya-Malang Tanpa Macet, KAI Bakal Operasikan Kereta Tambahan Tiap Hari

Jan 24, 2019 15:50

MALANGTIMES - Moda transportasi kereta api banyak dipilih karena ketepatan jadwal dan minim kemacetan. Melonjaknya permintaan masyarakat membuat PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengoperasikan kereta tambahan relasi Surabaya Gubeng-Malang setiap hari.

PT KAI Daop 8 Surabaya juga menargetkan volume penumpang yang naik transportasi kereta api (KA) pada 2019 ini bisa naik 5,1 persen dibandingkan 2018 lalu. "Tahun ini ditargetkan jumlah penumpang yang akan naik mencapai 11.863.839 jiwa atau naik 5,1 persen dibandingkan dengan 2018," ujar Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto.

Baca Juga : Tanggapan Resmi Gojek dan Grab soal Fitur Ojek Online yang Hilang dari Aplikasi

Oleh karena itu, PT KAI akan melakukan beberapa upaya. Antara lain, menambah dua perjalanan KA baru di lintasan jalur utara yang saat ini masih dalam tahap pembahasan dan akan menjalankan secara reguler KA tambahan relasi Surabaya Gubeng-Malang. "Biasanya (relasi Surabaya-Malang) hanya beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu. Nanti akan beroperasi setiap hari," ujarnya.

Dia berharap, semakin baiknya tingkat kenyamanan dan pelayanan transportasi kereta api bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk menggunakan moda transportasi kereta. "Angka kemacetan jalan raya juga bisa dikurangi dengan cara membudayakan menggunakan transportasi masal seperti kereta api," katanya.

Namun, PT KAI juga memerlukan dukungan dari semua stake holders di wilayah Jawa Timur, terutama dari pihak pemda, dalam mewujudkan suatu transportasi yang terintegrasi antar-moda transportasi yang ada. "Sehingga transportasi darat, laut, dan udara bisa saling bersinergi dalam melayani akan kebutuhan transportasi yang aman, cepat, nyaman dan murah bagi masyarakat," ungkap Suprapto.

Baca Juga : PSBB Jakarta, 5 Perjalanan KA Jarak Jauh Daop 8 Surabaya Dibatalkan

Sementara itu, berdasarkan catatan PT KAI Daop 8 Surabaya, selama tahun 2018 jumlah penumpang yang naik kereta api mencapai 11.292.719 penumpang. Jumlah ini naik 9,5 persen dibandingkan tahun 2017 dengan jumlah penumpang 10.315.954 orang. KA kelas lokal ekonomi memberi kontribusi paling besar, yakni dengan penumpang lebih dari 5 juta orang.

Topik
PT Kereta Api IndonesiaOperasikan Kereta Tambahansurabaya malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru