Pertengahan 2019, Kawasan Kayu Tangan Siap Disulap Jadi Kampung Heritage

MALANGTIMES - Pertengahan 2019, kawasan Kayu Tangan Kota Malang siap disulap menjadi Kampung Heritage. Hal itu disampaikan Wali Kota Malang Sutiaji dalam agenda Penyampaian Jawaban Wali Kota Malang Terhadap Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kota Malang Tentang Ranperda RPJMD Kota Malang Tahun 2018-2023 di DPRD Kota Malang, Senin (21/1/2019).

Menurut Sutiaji, rencana pembangunan kawasan Kayu Tangan sebagai Kampung Heritage itu sudah dimantabkan dalam perubahan anggaran keuangan (PAK) di pertengahan tahun ini. Artinya, pembongkaran median di kawasan Kayu Tangan akan segera dilakukan.

"Nanti median jalan di kawasan Kayu Tangan akan digarap di PAK," jelas pria berkacamata itu.

Sebelumnya politisi Demokrat itu menyampaikan, kawasan Kayu Tangan akan dibuat sebagai kawasan yang nyaman bagi pejalan kaki. Sederet produk UKM hingga kearifan lokal akan disuguhkan untuk memanjakan para wisatawan.

"Dan median jalannya nanti akan dilebarkan, tidak seperti sekarang," jelas suami Widayati Sutiaji itu.

Kawasan ini nantinya akan terintegrasi dengan kawasan heritage lain seperti kompleks Alun-alun Kota Malang, Pasar Splendid, hingga kawasan Tugu, Balai Kota Malang, dan lain sebagainya. Penataannya pun dibuat dengan konsep yang lebih mengedepankan sisi sejarah Kota Malang. Namun juga ada sentuhan modernisasi di beberapa sisi.

Kampung Heritage juga menjadi salah satu kawasan pariwisata baru di kota pendidikan ini. Keberadaan kampung wisata baru itu diyakini mampu menarik wisatawan lebih banyak. Karena ada banyak bangunan bersejarah yang masih berdiri kokoh hingga sekarang.

 

Top