MALANGTIMES - Kota Batu akan semakin cantik. Itu karena jalan-jalan protokol di Kota Batu bakal dibenahi dengan pemandangan taman. Bahkan, kini pot berbahan beton berukuran cukup besar  dihadirkan untuk memperindah setiap sudut jalan protokol.

Terlihat pot beton itu berada di area perbatasan Kecamatan Junrejo-Kecamatan Dau, Kecamatan Bumiaji-Kecamatan Karangploso, Kecamatan Junrejo, sepanjang Jalan Ir Soekarno, Jalan Pattimura, dan beberapa titik jalan protokol lainnya. 

Untuk saat ini, kurang lebih ada 450 unit pot yang disebarkan di titik-titik tersebut. Tingginya kurang lebih 1 meter berwarna hitam dengan tulisan "Kota Wisata Batu Indonesia".

Di Jalan Pattimura, tepat di depan Masjid Putih, sudah tertata rapi pot tersebut. Hanya, masih belum diisi dengan bunga-bunga.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu Arief As Siddiq mengatakan, pot kali ini terbuat dari beton. Sehingga jika Kota Batu, misalnya, mengalami bencana gempa, pot itu akan kokoh.

“Kalau ada gempa gitu, pot ini tetap kokoh berdiri di tempatnya. Memang kami desain seperti itu, untuk mempercantik sudut-sudut utama Kota Batu,” kata Arief. 

Ia menambahkan, 450 unit pot itu juga disebar di 24 kantor desa/kelurahan Kota Batu. Hadirnya pot ini untuk mempercantik setiap sudut kota dengan kualitas yang terbaik. “Kami  ingin memberikan yang terbaik arena Kota Batu adalab kota wisata sehingga supaya wisatawan yang datang itu terkesan,” imbuhnya.

Saat ini beberapa pedestrian juga dilengkapi taman-taman mini dengan berbagai bunga-bunga berwarna-warni. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan seribu taman yang sudah dimulai sejak tahun 2018 silam.

Lalu juga hadirnya vertical garden di beberapa titik jembatan untuk mempercantik pemandangan sungai.  Seperti di jembatan Jalan Dewi Sartika dan Jalan Brantas.