Laptop yang dipajang di toko komputer Calosa.

Laptop yang dipajang di toko komputer Calosa.



MALANGTIMES - Saat ini peran PC (personal computer) maupun laptop sangat penting. Dari urusan sekolah, kuliah, kantor, sampai urusan gaming.

Para pabrikan komputer pun terus bersaing dengan mengembangkan teknologinya. Sebut saja brand Asus, Toshiba, HP, Dell, Lenovo, dan Acer yang banyak beredar dan cukup mendominasi pemakaiannya. 

PC sendiri biasanya digunakan untuk mereka yang suka di bidang desain, editing, dan gaming. Sedangkan laptop digunakan oleh mereka yang memiliki mobilitas tinggi karena praktis dan bisa dibawa ke mana-mana. 

Di salah satu toko komputer di Malang, Calosa yang berlokasi di Jl Mayjend Panjahitan, yang menjual berbagai produk laptop, pada awal  2019, laptop produk Asus masih menduduki  peringkat teratas untuk penjualan.

Menurut  Rico Setiyanto, IT solution manager sekaligus penanggung jawab di Calosa, produk Asus banyak diminati. Urutan selanjutnya diikuti oleh dua produk yang terus bersaing, yaitu Lenovo dan HP serta berikutnya Acer. 

"Brand paling tinggi penjualan di kita masih  Asus. Cuma  brand kedua dan ketiga masih unda-undi antara HP dan Lenovo. Kalau di bulan Januari ini, HP di peringkat kedua, disusul Lenovo" ujar Rico kepada MalangTIMES. 

Menurut Rico, kebanyakan pembeli memilih produk Asus karena memiliki selling point paling kuat yang berada di poin garansi. Asus tanpa pandang bulu untuk semua tipe diberi garansi yang sama selama dua tahun, baik untuk laptop dengan harga paling murah Rp 3 jutaan hingga paling mahal di harga Rp 120 juta. Selain itu, Asus memiliki model khas Asia dengan model tipis serta framless.

Untuk peminat sendiri,  Rico mengatakab  bulan Januari hingga pertengahan tahun masih didominasi project seperti sekolah. Berikutnya adalah kalangan mahasiswa. Sebab, pada awal tahun seperti ini, kebanyakan mahasiswa sudah mulai berhenti belanja elektronik dan karena waktu perkuliahan baru sudah hampir habis. Namun akan mulai didominasi oleh mahasiswa lagi setelah pertengahan tahun, saat mahasiswa baru mulai masuk di perkuliahan hingga akhir tahun. 

"Kami punya data untuk traffic-nya. Sebenarnya setiap tahun sama. Bahkan waktu saya gathering dan tanya-tanya di setiap kota berbeda. Namun untuk peringkat satu di setiap kota masih Asus," tambah Rico.

End of content

No more pages to load