Artis Vanessa Angel
Artis Vanessa Angel

MALANGTIMES - Artis ibu kota Jakarta Vanessa Angel ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak kepolisian. Penetapan dilakukan Rabu (16/1) sore. Penyampaian langsung dilakukan oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan langsung.

"Terkait VA, hari ini statusnya kami tetapkan sebagai tersangka," tegas Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan.

Menurut Luki penetapan status sebagai tersangka ini dari hasil gelar perkara yang dilakukan oleh penyidik. "Sesuai dengan pendapat beberapa ahli. Baik ahli pidana, ahli IT, ahli bahasa dan ahli dari kementrian agama," ujarnya.

Pihak kepolisian kata Luki memiliki banyak barang bukti terkait transaksi yang dilakukan oleh Vanessa. "Yang bersangkutan akan kami panggil lagi hari Senin (21/9) untuk kembali memberikan keterangan," lanjut Luki.

Vanessa dijerat Pasal 27 ayat 1 terkait dengan UU ITE. "Yang bersangkutan secara langsung mengeksplor dirinya kepada mucikari. Bahkan beberapa foto dia share sendiri langsung kepada mucikari yang sebelumnya jadi tersangka," beber perwira dengan pangkat bintang dua ini.

Semua bukti ini didapatkan penyidik dari hasil laboratorium forensik Mabes Polri. "Dalam kasus ini semuanya saling terkait. VA memiliki hubungan dengan semua mucikari. Termasuk tiga yang sudah ditangkap," kata Luki.

Luki juga menegaskan ini untuk yang pertama kalinya terjadi. Bahwa seorang korban bisa juga jadi tersangka. "Semoga ini bisa jadi yurisprudensi di Indonesia," imbuhnya.

Ditanya apakah Vanessa bakal ditahan Luki belum memastikan. "Tapi yang jelas akan kita panggil terlebih dahulu," imbuhnya.