Usung Fenomena Sakau Sosial Media, Atlesta Rilis Single Terbaru 'Pesona'

Jan 15, 2019 19:23
Fifan Atlesta (Foto: Fifan for MalangTIMES)
Fifan Atlesta (Foto: Fifan for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Keprihatinan musisi Malang Atlesta akan fenomena di era digital membuat soloist electro-pop ini 'gatal'. Banyaknya pengguna media sosial yang akhirnya menjadi ketagihan membuatnya meracik sebuah lagu berjudul Pesona. Pesona dirilisnya Desember 2018 kemarin.

Uniknya, Pesona merupakan single Atlesta yang pertama kalinya menggunakan bahasa Indonesia. Alasannya, agar apa yang disampaikan ke pendengar dapat diterima secara langsung tanpa ada batasan bahasa.

Baca Juga : WORO & The Night Owls Gebrak Maret dengan Album Perdananya

Fifan Christa, sosok di balik nama Atlesta, sedang makan tatkala ditemui MalangTIMES di studionya yang bertempat di Jalan Semeru. Ia kemudian menyambut dengan sangat ramah dan santai. Pada saat itu ia sedang beristirahat di sela proses pembuatan albumnya yang keempat.

Dengan diselingi canda tawa, kami mengobrol serius mengenai ulasan musiknya yang masuk ke dalam buku paket bahasa Indonesia yang dirilis oleh Kementerian. Dari situ kemudian kanal Youtubenya banyak dikomentari oleh anak-anak SMP. Padahal, musik Atlesta adalah adult content, yakni untuk 18 tahun ke atas.

Namun, kali ini Atlesta menyajikan sesuatu yang berbeda. Bukan lagi menyajikan kesan nakal dan sensual, dirinya malah menyajikan kritik sosial. Hal ini berawal dari kegelisahannya akan fenomena banyak orang yang ketagihan media sosial. Kemudian terciptalah single berjudul Pesona.

"Pesona itu tentang aku menanggapi media sosial zaman sekarang. Setiap hari 24 jam itu pasti kita menghabiskan sekitar 6 atau 10 jam untuk media sosial. Bahkan waktu kita masih sibuk-sibuknya kerja sekalipun," ungkapnya.

Lebih lanjut Fifan memaparkan, penggunaan media sosial semakin menjadi tidak sehat dan akhirnya orang sering membandingkan apa yang dia punya, baik secara fisik, finansial, lifestyle, dengan orang lain. "Dan itu menimbulkan kecenderungan depresi," imbuhnya.

Selain ia merasakannya sendiri, Fifan juga berbincang dengan para pelaku seni yang juga merasakan demikian. Segala hal yang dibuat selalu dibandingkan dengan orang lain. "Kita jadi sering membandingkan diri dengan orang lain. Padahal sejatinya, selebgram misalnya, juga belum tentu hidupnya seperti itu," paparnya.

Baca Juga : Viral, Wolverine "Keluar" dari X-Men dan Hijrah ke Indonesia

Untuk diketahui, isu sosial ini nantinya tak hanya ada di single ini saja. Namun juga akan banyak diusung oleh Atlesta dalam album keempatnya. Porsi explicit contentnya pun juga akan banyak berkurang dan percintaannya akan lebih dewasa.

"Percintaannya di album berikutnya tidak akan sama dengan percintaan yang kemarin-kemarin. Lebih ke percintaan yang pasti-pasti aja. Sudah bukan percintaan yang cinta monyet dan sebagainya," tandasnya.

Ketika ditanya apakah Atlesta yang baru ini dibuat karena musiknya sudah dinotis oleh anak-anak di bawah 18 tahun, Fifan mengelaknya. Menurutnya, ini hanyalah Fifan yang bertambah dewasa dengan pemahaman dan pemikiran yang juga lebih dewasa.

Obrolan kami ditutup dengan Fifan yang memperdengarkan salah satu lagunya yang belum dirilis. Kesan musik yang berat, sekaligus danceable membuat album ini layak untuk ditunggu di tahun 2019.

Topik
Berita MalangKeprihatinan musisi MalangAtlesta Rilis Single Terbarulagu berjudul Pesona

Berita Lainnya

Berita

Terbaru