Perkantoran Kabupaten Malang Segera Ditutup, Bakal Jadi Museum dan Hotel

Jan 15, 2019 15:23
Wabup Malang HM. Sanusi menyatakan akan memindah dan mengubah area perkantoran Pemkab Malang di Jl Agus Salim Kota Malang. (Nana)
Wabup Malang HM. Sanusi menyatakan akan memindah dan mengubah area perkantoran Pemkab Malang di Jl Agus Salim Kota Malang. (Nana)

MALANGTIMES - Perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang yang terletak di Jalan Agus Salim, Kota Malang, akan segera ditutup. Walau rencana penutupan perkantoran tersebut masih cukup lama, yaitu di tahun 2020 datang,  rencana tersebut sudah dikeluarkan oleh Wakil Bupati (Wabup) Malang HM. Sanusi.

Sanusi menyampaikan rencana penutupan sekaligus perubahan perkantoran Pemkab Malang yang akan menjelma menjadi homestay dan cagar budaya itu setelah acara penyerahan Piala Adipura di pendapa Kabupaten Malang di Kepanjen, Selasa (15/01/2019).

"Kita rencanakan seperti itu. Ada tiga OPD yang akan boyongan ke Kepanjen. Nantinya perkantoran itu akan jadi cagar budaya sesuai peraturan daerah (perda) yang ada," kata Sanusi kepada MalangTIMES.

Tiga OPD yang akan boyongan tersebut adalah Badan Kepegawaian Daerah, Badan Pengelolaan Kekayaan dan Aset Daerah, serta Dinas Perhubungan. Ketiganya nantinya akan mengisi gedung perkantoran di Kepanjen.

Sanusi melanjutkan, nantinya area perkantoran di Jalan Agus Salim benar-benar diperuntukkan untuk umum. Gedung-gedung yang kini masih dipakai oleh pegawai Pemkab Malang akan difungsikan sebagai museum, homestay serta lokasi belajar sejarah bagi masyarakat umum.

"Kami buka jadi seperti itu. Besok kami akan rapatkan teknisnya. Yang pasti untuk bangunan perkantoran di depan akan jadi homestay. Kalau terus berkembang, kami ganti jadi hotel," ujarnya.

Wabup Malang ini juga melanjutkan, pihaknya akan mengundang konsultan dalam perubahan fungsi gedung tersebut. Sebab, Sanusi berharap nantinya area tersebut benar-benar menjadi museum yang memuat sejarah tumbuhnya Pemkab Malang. 

"Kami nanti lengkapi dengan segala hal tersebut. Sedangkan untuk gedungnya kami jaga seperti saat ini. Soalnya,  perkantoran Pemkab Malang itu sudah jadi bangunan cagar budaya," imbuhnya.

Secara teknis,  perpindahan sekaligus perubahan area perkantoran Pemkab Malang akan mulai dilakukan  tahun 2019 ini. Tahun ini akan dilakukan penataan dan tahun 2020 seluruh proses sudah selesai. Proses tersebut juga nantinya akan dimintakan pertimbangan dari DPRD Kabupaten Malang.

Proses penataan perpindahan dan perubahan tersebut sayangnya secara anggaran tidak masuk dalam rancangan APBD tahun 2019. Hal ini pun dibenarkan oleh Sanusi yang menyampaikan, dimungkinkan anggaran untuk hal tersebut akan diusulkan di perubahan anggaran keuangan (PAK) tahun 2019.

Walau juga belum bisa dipastikan berapa anggaran yang nanti diperlukan dalam upaya tersebut, Sanusi merasa optimistis bahwa proses perpindahan dan perubahan area perkantoran Pemkab Malang di Jalan Agus Salim Kota Malang itu bisa diselesaikan tahun 2020.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
berita malang Perkantoran Kabupaten Malang Segera DitutupWakil Bupat MalangHM Sanusi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru