Truk Sampah Sering Terhalang Acara Warga, DLH Buat Kajian Jalan Baru Menuju TPA Supit Urang

MALANGTIMES - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang saat ini tengah mengkaji perencanaan pembuatan jalan pintas  menuju ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang.

Kajian untuk pembuatan jalan pintas tersebut diperlukan karena problema saat ini. Yakni di Jalan Rawe Sari, Sukun, Kota Malang, yang notabene merupakan akses utama menuju Supit Urang, sering terjadi orang yang menggelar acara dengan memanfaatkan jalan. Karena itu, truk-truk sampah DLH Kota Malang tak bisa melewati jalan tersebut.

"Kadang kan ada yang mengadakan acara pernikahan sampai dua, tiga hari, maka ya truk-truk sampah kita tidak bisa melewati jalan tersebut. Sehingga sampah-sampah tak bisa terbuang dan terbengkalai. Kalau tidak terbuang satu sampai dua hari saja, kan sudah menggunung. Dan ini menjadi masalah lagi karena timbul bau dan hal lainnya yang membuat masyarakat komplain,," ungkap Kepala DLH Kota Malang Agoes Edy Poetranto kepada MalangTIMES

Dengan begitu, jika nantinya kajian
tersebut bisa selesai dan bisa segera melakukan pembuatan jalan pintas, maka manakala di Jalan Rawe Sari, terdapat acara pernikahan atau acara lainnya, truk-truk sampah milik DLH Kota Malang tetap bisa menuju TPA Supit Urang untuk membuang sampah.

"Jadi tidak lagi terhambat seperti saat ini. Tahu sendiri kan kalau sampah tertunda untuk dibuang," ungkap Agoes Edy.

Ia juga menyampaikan, terkait perkembangan TPA Supit Urang, sekitar lima sampai enam tahun mendatang,  TPA itu akan sangat penuh. Karena itu, DLH sudah melapor kepada wali kota tentang harus adanya penambahan lahan di sekitar TPA Supit Urang.

" Pak Wali sudah meminta agar kami membuat kajian untuk perluasan lahan juga. Dari situ nanti bisa diusulkan melalui dewan setting anggarannya karena perluasan ini hanya di TPA Supir Urang," ucapnya.

Alokasi lahannya sudah ada. Cuma, DLH butuh kajian. Yang kedua, usul anggaran. Dan yang ketiga baru nanti pelaksanaan supaya untuk memperpanjang umur dari TPA Supit Urang.

 

 

Top