Bukan Mustahil, 5 Proyek Sains Tergila Masa Depan Bisa Selamatkan Manusia

MALANGTIMES - Seiring berkembangnya waktu, manusia di Bumi ini akan mengalami banyak sekali gangguan. Entah itu masalah tempat tinggal, perang, hingga rusaknya alam karena ulah manusia sendiri.

Untuk mengatasi masalah ini, banyak sekali ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu yang mengembangkan proyek besar untuk menyelamatkan manusia.

Penasaran apa saja proyek besar yang diklaim bisa menyelamatkan manusia pada masa mendatang? Simak penelusuran MalangTIMES tentang proyek besar penyelamat manusia yang dirangkum dari channel Youtube Anomali News.

1. Mars One

Anda mungkin sudah pernah melihat film Martian yang dirilis pada tahun 2015 lalu. Film itu menceritakan percobaan hidup di planet merah Mars. Dibdunia nyata, ternyata proyek serupa juga sudah pernah ada. Proyek ini diharapkan akan selesai pada tahun 2023 dan manusia bisa tinggal di planet tersebut.

Jika Mars One bisa sukses, maka beberapa tahun lagi, akan banyak manusia diungsikan ke Mars apabila Bumi sudah terlalu padat untuk ditinggali.

2. Brain Project

Proyek ini bertujuan untuk melakukan pemetaan pada otak manusia yang dikenal sangat rumit. Jika proyek ini berhasil, ke depannya penyakit yang berhubungan dengan otak seperti autisme dan promotic dissorder  bisa ditangani dengan serius bahkan disembuhkan.

Namun proyek ini memakan waktu yang cukup lama, bahkan puluhan tahun. Jika proyek berhasil, maka kehidupan manusia akan berjalan dengan baik meskipun manusia itu telah tua dan saat kemampuan otaknya menurun.

3. Millenium Seed Bank

Saat ini, Bumi sedang mengalami pengurangan luasan hutan. Sehingga banyak sekali tanaman langka. Untuk mengatasi itu, akhirnya ilmuwan memulai misi dengan mengumpulkan semua biji-bijian dari tanaman di seluruh dunia.

Biji tanaman ini nantinya akan disimpan dan dikembangkan jika suatu saat ada tanaman yang punah.  Kalau proyek ini berhasil, pada masa depan manusia tidak perlu khawatir jika suatu saat ada tanaman langka yang hilang. Bahkan saat Bumi hancur dan tidak ada tanaman lagi, biji-bijian ini akan menjadi permulaan untuk membangun hutan.

4. Frozen Ark Project

Proyek ini juga merupakan proyek yang hampir sama dengan Millenium Seed Bank. Namun proyek ini bukan menyimpan biji-bijian seperti Project Millenium Seed Bank. Proyek ini menyimpan DNA dari hewan-hewan langka yang ada di dunia.

Hingga saat ini jumlahnya sudah ada sekitar 48.000 sampel DNA. Pada masa depan, saat teknologi kloning sudah sangat maju, hewan-hewan yang sudah punah bisa dihidupkan kembali. Dengan begitu, anak cucu kita di masa depan masih bisa melihat kembali hewan-hewan yang saat ini sedang terancam punah.

5.Cern Project

Cern adalah bukti dan usaha ilmuwan di masa lalu untuk membuat manusia masa depan bisa hidup dengan baik. Produk ini mencoba mengetahui cara kerja atom-atom yang ada di Bumi ini.

Proyek ini bekerja langsung untuk mengamati partikel dan menggunakannya untuk perkembangan teknologi. Salah satunya adalah nuklir. Ke depannya, diharapkan proyek ini bisa digunakan untuk meneliti komponen-komponen penting di dunia.

Saat ini, proyek ini memang belum banyak berguna. Namun di masa depan, diharapkan akan membuka mata manusia dengan hal-hal penting yang belum mereka ketahui. Salah satunya adalah dunia atom yang merupakan miniatur alam semesta.


 

 

Top