10 Planet Pelarian Manusia jika Bumi Hancur

screenshot of youtube
screenshot of youtube

MALANGTIMES - Masyarakat dunia sempat digegerkan dengan statemen Stephen Hawking bahwa manusia harus-harus lekas pergi dari bumi karena usianya yang semakin menua sehingga tidak mampu lagi menopang manusia dalam 100 tahun mendatang. 

Jauh sebelum kata-kata ini menjadi viral, badan antariksa Amerika, NASA, sudah lama meneliti antariksa dan mencari planet-planet yang diperkirakan layak huni. Dan mungkin akan menjadi planet pelarian umat manusia jika saja Bumi tidak sanggup lagi bertahan. 

Menurut Univercity of Eatolica De Puerto Rico, berikut ini 10 planet pelarian manusia jika Bumi hancur. Jadi, planet-planet itu bisa dijadikan 'bumi cadangan'.

1. Kepler 22b

 Ukuran planet ini 2,4 kali lebih besar daripada Bumi. Jaraknya 600 tahun cahaya dan mengorbit bintang serupa matahari bernama Kepler 22b. 

Memiliki kesamaan dengan Bumi. Namun, jika Bumi mengelilingi matahari selama 365 hari, Kepler 22b mengelilingi bintang induknya dalam waktu 290 hari. 

Temperatur Kepler dan Bumi tidak berbeda jauh. Disebutkan bahwa efek rumah kaca bekerja di Kepler 22b. Maka temperatur di planet itu sekitar 22 derajat Celcius.

 2. Gliese 667Cc 

Planet ini juga disebut super-Bumi. Cukup dekat dengan Bumi, berjarak 20 tahun cahaya di konstelasi Scorpius. Ukurannya 4,5 kali lebih besar daripada Bumi dan perlu 28 hari untuk mengorbit bintangnya. Menurut Univercity Gottingen, Bumi mengelilingi matahari dengan jarak yang dekat sehingga membuat cuacanya panas. 

3. HD 85512b 

Ditemukan pada tahun 2011 sebagai salah dari 50 planet yang pernah ditemukan oleh Harps, perangkat pencari planet di Chile. Planet ini berukuran 3,6 kali lebih masif daripada Bumi. Jaraknya 36 tahun cahaya di konstelasi Vela. 

Massanya yang moderat membuat planet batuan itu bisa menyimpan atmosfer. Dan peneliti berharap bisa menemukan air dipermukaan planet ini.

 4. Tau Ceti f 

Planet ini merupakan planet yang paling memungkinkan untuk ditinggali  manusia. Ukuranannya 6,6 lebih masif daripada bumi.

 Dan berpotensi untuk didiami jika atmosfer di dalamnya bisa memiliki jumlah panas yang signifikan. Planet ini memiliki letak yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin, mirip seperti kondisi biologi di di Bumi. 

Namun peneliti menegaskan jika zona layak huni tidak berarti planet ini sekarang sudah memiliki kehidupan berkembang di sana.

 5. Gliese 163c

 Planet ini berukuran 7 kali ketimbang massa Bumi sehingga bisa disebut sebagai planet raksasa yang berbatu. Planet ini berputar untuk mengorbit bintangnya 26 hari dan jarak 50 tahun cahaya dari Bumi. Bintang induknya ada di koleksi Dorado. 

Penelitian tidak mengetahui karakteristik atmosfer Gliese 163c. Tapi jika mengasumsikan bahwa atmosfer itu adalah skala dari Bumi, temperatur permukaannya sekitar 60 derajat Celcius. 

6. Tau Ceti e 

Kandidat planet Bumi ini dideteksi pada bulan Desember tahun 2018. Jaraknya 11,9 tahun cahaya dari Bumi. Ukurannya 4,3 kali lebih masif daripada bumi. Planet ini bisa hangat dan dingin tergantung pada atmosfernya. 

Juga memiliki komposisi yang tidak biasa sehubungan dengan rasio magnesium dan silikon yang tinggi. Dengan rasio yang tinggi itu, secara minarologi membuat planet memiliki dampak yang signifikan pada kelayak hunian seperti Bumi.

 7. Gliese 581d

 Sebuah penelitian pernah menunjukkan bahwa planet ini memiliki atmosfer kqrbondioksida yang cukup tipis. Ukurannya 7 kali lebih masif ketimbang Bumi. Jaraknya hanya 20 tahun cahaya matahari denga kata lain planet ini ada di belakang Bumi. 

Menurut penelitian, atmosfer yang padat karbondioksida merupakan skenario paling memungkinkan untuk planet berukuran raksasa. Iklim di planet ini stabil dan cukup hangat untuk memiliki samudra, awan, dan hujan. 

8. Gliese 581g 

Sejak ditemukan pada tahun 2010 silam, para peneliti masih sulit untuk mendapatkan konfirmasi terkait eksistensinya. Namun tetap saja Univercity of Puerto Rico menganggap planet ini merupakan kandidat terbaik untuk bumi alternatif. Jika, memang benar adanya, planet Ini berjarak 20 juta cahaya berukuran 2 sampai 3 lebih masif dari bumi yang mengorbit bintang induknya. Dari hasil riset terbaru bahwa planet ini benar-benar ada dan menjadi planet ekstra Surya yang palin layak dihuni. 

9. HD 40307g 

Palent ini disebut dengan planet super-Bumi. Berjarak 42 tahun cahaya dari Bumi dan berada di constellation pictor. Karena terlalu dekatnya, teleskop masa depan milik NASA akan bisa dengan mudah meneliti permukaannya. Dia mengorbit bintang induk berjarak 56 juta mil atau 90 juta kilometer atau sama dengan setengah jarak Bumi ke matahari yang berjarak 150 juta kilometer. Jarak ini menempatkannya dalam zona layak huni. Wilayah tersebut berada dalam suatu sistem planet di mana air cair dapat eksis di permukaan planetnya.

 10. Kepler 186-F 

Planet ini merupakan planet luar yang benar-benar seukuran dengan pernah pernah ditemukan. Dunia alien ini berjarak 490 tahun cahaya dari Bumi. Ukurannya lebih besar 10 persen daripada Bumi kita. 

Yang menarik permukaannya didominasi oleh bebatuan dan diprediksi ada air yang merupakan kunci kehidupan. Selain itu atmosfernya dianggap memiliki kandungan oksigen.

Editor : Yunan Helmy
Publisher :
Sumber : Batu TIMES (JatimTimesNetwork)

Redaksi: redaksijatimtimes[at]gmail.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : redaksijatimtimes[at]gmail.com | redaksijatimtimes[at]gmail.com
Top