Bakpia, jenang, dan minuman sari stroberi produk unggulan di Kampung Stroberi Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Bakpia, jenang, dan minuman sari stroberi produk unggulan di Kampung Stroberi Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)



MALANGTIMES - Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, tidak hanya sekadar menjadi desa wisata petik stroberi. Berbagai olahan kuliner dari stroberi pun menjadi andalan warga setempat.

Lalu, apa saja hasil kuliner dari buah stroberi yang diolah warga setempat? Hasil olahan itu antara lain selai stroberi, minuman sari stroberi, dodol stroberi dan murbei, stik stroberi, dan yang terbaru ada bakpia stroberi.

Jadi, jika berkunjung ke Kampung Stroberi, tentunya para wisatawan tidak hanya sekadar berwisata memetik buah stroberi. Tetapi juga dapat membawa buah tangan produk olahan yang dibuat oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati Putri di Desa Pandanrejo.

"Sebagai desa wisata atau Kampung Stroberi, tentunya kami sebagai warga tidak hanya tinggal diam. Soalnya, buah stoberi bisa diolah menjadi beragam olahan yang enak dikonsumsi," kata Gunarsih, ketua KWT Melati Putri.

Ia menambahkan bahwa memanfaatkan buah stroberi itu bisa menjadi peluang pekerjaan, khususnya bagi ibu rumah tangga. Dampaknya untuk meningkatkan perekonomian warga desa setempat.

"Ini jadi peluang usaha kami untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Dari sini, kami juga jual ke pusat oleh-oleh," imbuh Gunarsih. Hal ini, sambung dia, untuk mewujudkan visi Kota Batu, yakni Desa Berdaya Kota Berjaya.

End of content

No more pages to load