Rektor UM Rofi'uddin (jas biru) (Foto: Humas UM for MalangTIMES)

Rektor UM Rofi'uddin (jas biru) (Foto: Humas UM for MalangTIMES)



MALANGTIMES - Revolusi industri 4.0 tentu juga berdampak pada sektor pendidikan. Bahkan nantinya pada 10 hingga 15 tahun mendatang, peran dosen dan tenaga kependidikan akan digantikan oleh teknologi komputer.

Hal ini dinyatakan oleh Rektor Universitas Negeri Malang (UM) Prof. Dr. AH. Rofi'uddin, M.Pd dalam acara pelantikan pejabat UM di Gedung Sasana Budaya kemarin (10/1).

"Dalam kurun waktu sepuluh tahun hingga lima belas tahun mendatang peran yang selama ini diemban oleh para dosen dan tenaga kependidikan akan digantikan oleh teknologi komputer," ujarnya.

Rofi'uddin kemudian memberi contoh peran dosen dalam mengajar. Menurutnya, nantinya bisa jadi tidak diperlukan lagi kegiatan pembelajaran konvesional dimana para mahasiswa dan dosen saling bertatap muka.

"Tetapi digantikan oleh teknologi yang mana sumber ilmu telah didapatkan oleh mahasiswa melalui media internet. Begitu juga peran tenaga kependidikan, yang selama ini pelayanan dilakukan secara manual pada akhirnya akan tersistem secara otomatis dan dapat dilakukan secara mandiri oleh yang berkepentingan," terangnya.

Menanggapi situasi tersebut, Rofi'uddin menekankan adanya pembaharuan kurikulum di UM. Tentunya yang relevan untuk menjawab tantangan dunia di masa mendatang.

Yang kini diperlukan juga tenaga-tenaga terampil yang berkontribusi dalam perubahan kemajuan bangsa yang lebih baik. Perkembangan zaman di era teknologi ini menurutnya mensyaratkan pola kerja yang inovatif dan cepat.

"Kita harus bisa merubah mindset cara kerja yang lama dengan menciptakan inovasi baru untuk mengikuti perkembangan zaman," tandasnya.

Untuk diketahui, Rofi'uddin melantik 24 dosen dengan tugas tambahan dan 13 pejabat struktural. Para pejabat yang dilantik tersebut meliputi para wakil dekan di lingkungan UM, wakil direktur pascasarjana, para sekretaris lembaga, dan 13 pejabat struktural yang menjalani mutasi jabatan.

End of content

No more pages to load