Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba-Serbi

Meja dan Kursi Dijadikan Sarana Pembatas Negara, Berikut 8 Perbatasan Negara Paling Unik di Dunia

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Lazuardi Firdaus

10 - Jan - 2019, 08:03

Ilustrasi dari akun youtube YtCrash (Foto : Screenshoot Youtube)
Ilustrasi dari akun youtube YtCrash (Foto : Screenshoot Youtube)

MALANGTIMES - Di planet bumi ini, memang terbagi menjadi beberapa negara yang beraneka ragam. Negara tersebut tersebar keseluruh penjuru dunia. Bahkan saking banyaknya negara yang berdekatan, membuat pemerintah di masing-masing negara membuat kebijakan dan batasan teritorial di wilayah hukum mereka.

Baca Juga : Akhir Kisah Sahabat Rasulullah yang Mengatakan Zakat Adalah Pungli

Biasanya batas negara dibuat menggunakan tembok raksasa, patok batu, pagar kawat besi berduri, serta terdapat pos penjagaan, sebagai tanda wilayah perbatasan masing-masing negara.

Namun di beberapa belahan negara, terdapat beberapa diantaranya yang hanya membuat batas dengan menggunakan simbol atau tanda khusus.

Merujuk pada chanel youtube YtCrash, berikut delapan batas negara paling unik di dunia, yang berhasil dirangkum MalangTIMES.

1 . Hungaria - Slovakia - Austria

Perbatasan wilayah teritorial tiga negara, yakni Hungaria, Slovakia, dan Austria ini bisa dibilang paling unik.

Di tiga negara tersebut, daerah perbatasan hanya ditandai dengan sebuah meja berbentuk segitiga lengkap dengan kursinya. Dimana pada masing-masing sisi meja, sudah menjadi wilayah beda negara.

2 . Haiti - Republik Dominika

Bisa dikatakan, dua negara antara Haiti dan Republik Dominika ini, memiliki kebijakan yang berbeda terkait pelestarian hutan.

Dimana Republik Dominika dikenal sebagai negara yang sangat peduli akan kelestarian hutan. Bahkan, negara ini pernah dinobatkan sebagai negara yang memiliki cadangan dan kekayaan hutan yang sangat melimpah.

Berbeda dengan Haiti. Negara ini dikenal sebagai salah satu wilayah kenegaraan yang paling sering merusak hutan.

Dari data yang ada, Haiti hanya memiliki kekayaan hutan sebanyak 2 persen dari wilayahnya. Sedangkan sisanya, sudah dibabat habis hingga daerah perbatasan.

Saking mirisnya, jika dilihat dari ketinggian, terlihat sangat kontras jika dibandingkan dengan wilayah kekayaan hutan yang dimiliki oleh kedua negara ini.

3 . Amerika - Meksiko

Beberapa tahun lalu, perbatasan antara negara Amerika dan Meksiko bisa dibilang paling unik dan lucu.

Sebab, batas kedua negara yang ada di benua Amerika tersebut, hanya ditandai dengan pagar yang sangat sederhana.

Bahkan, warga perbatasan di masing-masing negara, sempat membuat perlombaan bola voli tahunan di wilayah tersebut. Dimana net yang digunakan adalah pagar yang digunakan sebagai pembatas negara Amerika dan Meksiko.

Namun, di tangan kepemimpinan Donald Trump, pagar pembatas sederhana itu, kini dirombak menjadi bangunan tembok yang sangat besar dan tinggi.

Dari isu yang beredar, nantinya tembok perbatasan negara tersebut, bakal dijadiakan jalur perlintasan kereta api milik Amerika.

4 . Argentina - Paraguay - Brazil

Jika kalian berlibur ke wisata alam sungai Iguazu, maka secara tidak langsung para wisatawan akan diajak untuk melintasi sungai yang ada di wilayah tiga negara. Yaitu Argentina, Paraguay, dan Brazil.

Iya, di sungai yang memiliki pemandangan alam yang sangat menakjubkan tersebut, memang dijadikan sebagai tanda daerah perbatasan di tiga negara.

Dengan mengendarai perahu yang sudah disediakan oleh pihak pengelola wisata. Maka setiap pengunjung akan diajak berkeliling sungai Iguazu selama kurang lebih dua jam.

Dengan modal pemandangan alam serta air terjun yang menawan. Membuat sungai yang menjadi tanda perbatasan tiga negara ini, ramai dikunjungi oleh para pelancong.

5 . Belanda - Belgia

Di sebuah desa yang ada di wilayah perbatasn negara antar Belanda dan Belgia ini. Menjadi wilayah pedesaan yang paling unik. Sebab, jika kebanyakan perbatasan negara ditandai dengan bangunan atau wilayah hutan dan sungai. Di Desa Baarle Hertog milik negara Belgia dan Desa Baarle Nassau milik Negara Belanda ini, wilayah perbatasan hanya ditandai dengan sebuah simbol yang ada di tanah.

Dimana terdapat tabda berupa garis putus-putus warna putih di tanah. Pada bagian sisi yang tertulis “NL” merupakan tanda wilayah negara Belanda. Sedangkan tulisan B menjadi simbol wilayah milik negara Belgia.

Baca Juga : Pengantin 'Masker', Anak Kapolsek Beji Menyambut Hari Bahagia di Tengah Pandemi Covid-19

Dengan demikian, para wisatawan yang berkunjung ke dua desa perbatasan tersebut. Tidak perlu mengurus birokrasi yang ribet, jika ingin singgah ke dua negara, yakni Belanda dan Belgia. Sebab, hanya dengan berjalan kaki. Para wisatawan sudah bisa berkunjung ke dua negara yang berbeda.

6 . Spanyol - Portugal

Pada salah satu wilayah perbatasan antara Negara Spanyol dan Portugal. Sebagian ada yang hanya dibatasi dengan sungai.

Hal ini membuat wilayah teritorial masing-masing negara menjadi unik. Sebab, antara Spanyol dan Portugal memang memiliki zona waktu yang berbeda.

Dimana Spanyol memiliki zona waktu yang lebih cepat sekitar satu jam dibandingkan Portugal.

Selain itu, pada wilayah perbatasan dua negara ini, terdapat wahana flying fox yang membawa seseorang melintasi dua negara dari ketinggian.

Titik pemberangkatan wahana yang diberi julukan Limit Zero tersebut, diberangkatkan dari negara Spanyol dan mendarat di Portugal.

Bagi wisatawan yang ingin memicu adrenaline, bisa memanfaatkan wahana yang satu ini dengan hanya membayar sekitar 17 Euro, atau sekitar Rp 280 ribu per orang.

Dengan nomilal segitu, pengunjung sudah bisa merasakan sensasi melayang diatas ketinggian sungai sekitar 15 meter diatas permukaan laut. Tidak hanya itu saja, saat meluncur seseorang akan diajak melayang dengan kecepatan mencapai 72 kilometer per jam.

7 . Brazil - Bolivia
 

Pada salah satu wilayah perbatasan antara Brazil dan Bolivia. Terdapat salah satu fenomena yang bisa dikatakan miris.

Sebab di perbatasan antar negara tersebut. Memiliki kelestarian hutan yang “njomplang”.

Dimana pada perbatasan Bolivia dipenuhi dengan kawasan hutan yang lebat. Bahkan, negara ini bisa memanfaatkan kelestarian hutan sebagai paru-paru penghasil oksigen bagi negaranya.

Sedangkan di perbatasan milik negara Brazil. Nampak lahan gersang, karena peralihan fungsi hutan.

Diketahui, sebagian wilayah hutan di perbatasan tersebut, sudah dibabat habis menjadi kawasan permukiman.

8 . Indonesia - Malaysia

Jika anda berkunjung ke Entikong, beberapa tahun lalu. Maka akan menemukan daerah yang bisa dikatakan tertingal.

Bagaimana tidak, di salah satu Kecamatan yang ada di Kalimantan Barat itu, memang merupakan salah satu wilayah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia.

Namun jangan dibayangkan bagaimana susahnya menuju wilayah yang satu ini. Sebab, beberapa tahun lalu, pemerintah Indonesia sangat minim memberikan perhatian di kawasan tersebut.

Karena akses jalan dan infrastruktur yang kurang memadai, membuat masyarakat saat itu memilih mode transportasi melalui sungai dengan mengendarai perahu.

Saking parahnya, para seniman banyak yang menceritakan kisah pilu ini melalui sebuah film. Salah satunya yang berjudul Tanah Surga Katanya.

Pada salah satu adegan, nampak seorang anak kecil yabg berlari membawa bendera Indonesia. Semula dia melintas di atas aspal milik Malaysia yang ada di wilayah Sarawak.

Namun ketika tiba di akses jalan yang ada di Indonesia. Bocah tersebut harus melewati jalan yang alakadarnya. Hal ini seolah menceritakan bagaimana kondisi wilayah perbatasan Indonesia, yang sangat kalah maju jika dibandingkan dengan Malaysia.

Namun belakangan diketahui, pemerintah Indonesia saat ini mulai memperhatikan kawasan pinggiran yang ada di Kalimantan Barat tersebut. Selain akses jalan yang memadai, bebrapa infrastruktur juga sudah mulai dibangun.

 


Topik

Serba-Serbi perbatasan-negara pembatas-negara-unik pembatas-negara-unik-di-dunia


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Lazuardi Firdaus