Pasar Wisata Sidomulyo Senilai Rp 1,6 Mangkrak Setahun, Ternyata Ini Sebabnya

Jan 08, 2019 20:02
Pasar desa wisata ini terletak di rest area jalan Jl Bukit Berbunga, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Pasar desa wisata ini terletak di rest area jalan Jl Bukit Berbunga, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Sudah satu tahun lamanya Pasar Wisata Sidomulyo telah dibangun di rest area Desa Sidomulyo Kecamatan Bumiaji. Tidak segera ditempatinya pasar itu karena terhambat fasilitas rolling door yang seharusnya terpasang di kios itu.

Pada pembangunan tahun 2017 silam, memang dibangun dengan desain terbuka. Kios yang dibangun sejumlah 30 unit memiliki ukuran, lebar 3 meter dan panjang 3 meter. Warna cat tembok pasar ini yakni peach, perpaduan hijau dan merah.

Baca Juga : Hari Ini, Pemkot Malang Luncurkan Bansos Tahap Awal bagi Warga Terdampak Covid-19

Lalu di dinding depan pasar ini ada lukisan-lukisan seperti bunga mawar dan sayur-sayuran. Sudah bagus memang, tetapi diminta oleh warga untuk dipasang rolling door agar lebih aman untuk menyimpan dagangannya.

Demi keamanan calon pedagang di sana pun rela menunggu hingga keinginan terealisasi. Alhasil bangunan itu pun tidak terawat, tembok-tembok sudah banyak coretan hingga kaca jendela pun pecah. Kemudian tulisan yang berada di depan pasar mulai hilang karena perbuatan orang yang tidak bertanggungjawab. 

Kepala Desa Sidomulyo Suharto mengatakan, warga yang akan berjualan masih menunggu tambahan fasilitas rolling yang hingga satu tahun ini tidak kunjung terealisasi. Dan saat ini pasar belum diserahkan ke pihak desa. “Karena fasilitasnya akan ditambah sehingga dinas terkait Dinas Koperasi Usaha Mikro, dan Perdagangan belum menyerahkan ke desa,” kata Suharto.

Ia menjelaskan pada bulan Oktober 2018 lalu, rolling door itu infromasi mulai dilelang. Akan tetapi hingga saat ini masih belum mendapati informasi selanjutnya. “Sebenarnya sambil menunggu untuk realisasi itu, saya sudah menawarkan kepada calon pedagang untuk menempati dahulu. Tetapi menolak karena takut kalau dagangannya hilang,” imbuhnya.

Baca Juga : Bantuan Pangan Non Tunai di Kota Batu Sudah Cair, Berikut Jadwal dan Lokasi Tokonya

Untuk diketahui pembangunan pasar  ini merupakan pasar wisata pertama di Kota Batu. Pembangunan pasar itu bertujuan untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Topik
Berita BatuPasar Wisata SidomulyoKecamatan Bumiaji.
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru