MALANGTIMES - Sebelum mencapai kemerdekaannya, Indonesia sudah memiliki beragam sejarah yang belum tentu semua rakyatnya tahu. Contohnya soal nama. Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa negara kita memiliki sederetan nama sebelum diputuskannya nama Indonesia sebagai nama negara yang resmi hingga kini.

Nama Indonesia berasal dari bahasa Yunani Indo dan Nes yang berarti Kepulauan Hindia. Orang yang pertama menggunakan Nama Indonesia ini adalah James Richardson Logan dalam karangannya dengan judul 'The Indian Archipelago and Eastern Asia'.

Sebelum nama Indonesia, inilah sederetan nama negara kita.  

1. Hindia

Jauh sebelum nama Indonesia, negara kita sempat diberi nama Hindia. Nama tersebut ini menjadi begitu terkenal setelah bangsa Portugis di bawah pimpinan Vasco da Gama menemukan kepulauan ini sesudah menyusuri Sungai Indus sekitar tahun 1498 masehi.

Nama Hindia diciptakan oleh Herodotus, ahli ilmu sejarah asal Yunani. Sedangkan nama Hindia digunakan pertama untuk kepulauan ini oleh Ptolomeus tahun 100 sampai 178 sebelum Masehi. Ptolomeus merupakan ahli ilmu bumi yang tersohor.

2. Nederlandsc Oost- Indie- Nederlandsc Indie

Terlihat dari namanya, tentu saja kita mengetahui bahwa nama tersebut diberikan oleh bangsa Belanda yang menguasai tanah air zaman dahulu. Belanda lama menduduki negara Indonesia, sekitar 350 tahun.

3. Insulinde

Nama Insulinde adalah sebuah nama yang diprakarsai oleh Douwes Dekker dalam bukunya yang berjudul Max Havelaar pada tahun 1860.

Sejarah nama Insulinde berasal dari bahasa Latin yang diambil dari padanan suku kata Insula dan Indus berarti Pulau Hindia.

Pergantian nama tersebut dibuat Douwes Dekker karena merasa jijik dengan pemberian nama Nederlandsc Indie oleh Belanda saat itu.

4. Nusantara 

Nama Nusantara memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Bukan hanya panggilan. Nusantara ternyata pernah menjadi nama bagi Indonesia zaman dahulu.

Nusantara ditemui di perpustakaan di India Kuno yang menyebut negara ini sebagai Nusantara. Sedangkan Nusantara atau Dwipantara berarti pulau-pulau yang berada di antara beberapa benua.

5. The Malay Archipelago

Nama tersebut mempunyai arti menguasai laut atau kumpulan pulau-pulau Melayu.

Alfred Russel Wallace merupakan orang yang pertama memberikan nama tersebut pada negara kita tahun 1869 setelah ia berkunjung ke tanah air tahun 1682 hingga 1854.