Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Siap-Siap, Jalan Jakarta dan Jalan Simpang Ijen akan Uji Coba Satu Arah

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Heryanto

06 - Jan - 2019, 19:28

U-turn di Jalan Simpang Ijen yang tembus Jalan Jakarta untuk rencana satu arah (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
U-turn di Jalan Simpang Ijen yang tembus Jalan Jakarta untuk rencana satu arah (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Tahun ini Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang segera melalukan ujicoba rekayasa satu arah di kawasan Jalan Jakarta, Kota Malang. Rekayasa tersebut dilakukan untuk mengurai kemacetan yang sering kali terjadi di kawasan Jalan Bandung pada jam-jam tertentu.

Jalan Jakarta yang sebelumnya dua jalur, akan dioptimalkan menjadi satu jalur.  Begitu juga Jalan Simpang Ijen yang sebelumnya dua jalur, akan dibuat satu jalur.

Baca Juga : Banyak Manfaat Kantongi SLF, Berikut Syarat-Syarat Kepengurusannya

Kepala Dishub Kota Malang Kusnadi menjelaskan untuk rencana tersebut saat ini pembenahan jalan di Jalan Jakarta dan Jalan Simpang Ijen sudah dilakukan khususnya pembukaan jalan penghubung kedua jalur tersebut.

"Pembangunan jalan untuk putar kendaraan saat ini sudah beres dan sudah bisa digunakan. Rambu-rambu juga sudah disiapkan hanya tinggal menunggu waktu pengaplikasiannya," paparnya, Minggu (6/1/2019).

Terkait penerapan ujicoba rekayasa lalu lintas di kawasan tersebut, Kusnadi menjelaskan akan dilakukan bulan ini, tepatnya tanggal 10 Januari 2019. Nantinya Jalan Simpang Ijen akan difungsikan satu arah ke arah  Jalan Surabaya dan Jalan Jakarta akan difungsikan ke arah Jalan Ijen.

"Semoga dengan rekayasa ini bisa mengurai kemacetan di Jalan Bandung secara optimal. Pengalihan di Jalan Jakarta memang untuk itu. Sedangkan di Jalan Simpang Ijen, karena jalannya selama ini kurang optimal makanya kita jadikan jalan kembar," terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Malang, Ir Kuncahyani juga membenarkan jika  di kawasan Jalan Jakarta akan dilakukan pembangunan jalan yang memanfaatkan lahan Taman Kunang-Kunang.

Baca Juga : Pemasangan Pipa Transmisi PDAM Kota Malang Ditarget Rampung Akhir Mei

"Memang terdapat pembukaaan U-Turn yang memakan lahan taman. Namun yang mengerjakan adalah dari Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang. Kami hanya menyediakan lahan. Program ini memang untuk mendukung pemberlakuan jalan satu arah di kawasan tersebut," pungkasnya.

 


Topik

Pemerintahan malang berita-malang Jalan-Jakarta-dan-Jalan-Simpang-Ijen-akan-Uji-Coba-Satu-Arah Dinas-Perhubungan-Kota-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Heryanto