Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Batu tahun 2019 mencapai sejumlah Rp 1 triliun. Penggunaan anggaran itu, sebagian besar untuk kepentingan masyarakat. Porsi anggaran untuk kepentingan masyarakat capai 64 persennya.

Kepentingan masyarakat itu di antaranya untuk pembangunan fasilitas umum. Seperti   insfrastruktur jalan, gorong-gorong, Penerangan Jalan Umum (PJU) dan beberapa fasilitas lainnya. Hal itu seperti yang disampaikan  Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo. “Kalau masyarakat itu mintanya terkait dengan fasilitas umum untuk menunjang perekonomian mereka,” kata Cahyo. 

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Revitalisasi Pasar Bunulrejo Dibatalkan

Ia menambahkan memang program dalam APBD Kota Batu tahun 2019 ini Pemkot Batu untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan masyarakat di Kota Batu. Terdapat tiga program prioritas yang akan dilakukan oleh Pemkot Batu tahun 2019. 

“Ada tiga prioritas yang diperuntukkan untuk masyarakat. Ketiga program ini adalah di bidang pariwisata, pertanian, dan Unit Mikro Kecil Menengah,” ujarnya.

Sedangkan sisa 36 persennya dari anggaran itu  diperuntukkan untuk kebutuhan Pemkot Batu. Sedangkan pada tahun 2019 ini lanjut Cahyo, tidak ada program Pemkot Batu yang besar. 

“Untuk tahun ini tidak banyak mega proyek, hanya beberapa saja. Ya yang besar itu seperti pembangunan pasa Kota Batu, tetapi tahun ini hanya perencanaan saja,” ucap Cahyo.

Ya pada tahun 2019 ini program besar dibawah kepemimpinan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko itu adalah pembangunan pasar Kota Batu. Hanya saja pada tahun 2019 hanya dianggarkan untuk perencanaan.

Baca Juga : Jamin Nasib Tenaga Kerja, Disnaker-PMTSP Kota Malang Ajukan Skema Jaring Sosial

“Karena memang tahun 2019 ini akan benar-benar ingin mematangkan rancangan pasar Kota Batu. Sebab tidak ingin setengah-setengah dalam penggarapannya,” jelasnya.