Gaun Couture Disebut Sebagai Seni Fashion Tingkat Tinggi, Apa Alasannya?

Jan 02, 2019 17:58
Gaun-gaun couture (foto istimewa)
Gaun-gaun couture (foto istimewa)

MALANGTIMES - Bagi orang awam atau orang yang belum begitu terjun secara mendalam di dunia fashion, istilah couture setidaknya pasti pernah didengar. Namun, pengertian dari couture itu masih rancu. Lantas, apa sih yang dimaksud dengan couture itu sendiri? Apa yang menjadikan satu gaun dikatakan sebagai couture?

Satu yang pasti, couture dikenal sebagai gaun yang mahal harganya. Hal ini dikarenakan pembuatannya yang rumit, yakni mulai dari nol hingga menjadi gaun utuh. Menurut desainer kawakan Indonesia yang sudah go international Diana Putri, pengertian couture memang sering rancu di Indonesia. Desainer yang pernah merancang gaun perform Ariana Grande ini menyatakan bahwa kata couture tidak bisa digunakan pada sembarang baju.

Baca Juga : Fashion Hijab Wud Hadirkan Koleksi Baru, Pertahankan Bisnis Saat Pandemi Covid-19

"Kalau misalnya kita beli bahan di toko, udah berblink-blink, terus kita bikin baju kita katakan couture itu enggak. Itu yang sering rancu di Indonesia," ungkapnya kepada MalangTIMES beberapa waktu yang lalu.

Lebih lanjut Diana menyatakan bahwa baju couture adalah yang dibuat mulai dari nol. "Jadi sesuatu dikatakan couture itu kalau kita membuatnya benar-benar dari awal," tandas desainer yang mengidolakan Donatella Versace ini.

Maka dari itu couture sering dikatakan sebagai gaun tingkat dewa. Sebab teknik pembuatannya pun sangat eksklusif. Couture dibuat dengan tangan mulai dari awal sampai akhir, dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas terbaik, dihiasi detail yang kerap rumit, dan memakan waktu lama dalam pembuatannya. Karena itulah couture berkualitas tinggi dan harganya mahal.

"Couture itu the one and only gown. The one and only artwork," pungkas desainer yang karyanya pernah dikenakan Nicki Minaj ini.

Baca Juga : Sarung Tangan Mirip Kulit Manusia Bisa Cegah Covid-19? Unik atau Seram Ya?

Diana sendiri, sebagai desainer couture menyatakan bahwa dirinya memang menggilai detail. Desainnya sendiri sudah melalang buana ke selebritis-selebritis mancanegara.

"Saya itu benar-benar gila di detail. Jadi kalau untuk bikin detail itu i need several days untuk detail. Jadi kalau di detail itu saya bisa bikin secara embroidery, bisa bikin dengan teknik laser cutting, dengan printing, dengan painting, dengan airbrushing. Banyak teknik yang saya pergunakan," paparnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Gaun CoutureSeni Fashion Tingkat Tinggifashion malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru