Kendaraan amphibi (sidulkeren)

Kendaraan amphibi (sidulkeren)



MALANGTIMES - Di dunia, terdapat kendaran-kendaraan unik dan canggih yang telah diciptakan untuk mempermudah aktivitas manusia sehari-hari. Bahkan ada kendaraan yang bisa digunakan di dua medan, yakni darat dan air selayaknya tank amphibi.

Sehingga, meskipun digunakan dalam situasi banjir, tak usah takut, kendaraan itu tetap bisa berjalan menerjang air banjir. Dan melihat fungsinya itu, kendaraan ini nampaknya cocok dengan negara yang memiliki kawasan perairan luas dan juga kawasan yang seringkali terjadi banjir.

Dirangkum dari sebuah channel Youtube, Sidul Keren, ada tujuh kendaraan amphibi unik yang ada di dunia. Seperti apa? yuk nggak usah lama-lama, kita simak informasinya.

1. Sherp ATV.

Kendaraan ini terlihat seperti truk yang didesain untuk menaklukkan lumpur. Namun tunggu dulu, kendaraan ini ternyata bisa digunakan di berbagai medan, baik bebatuan, salju dan medan sulit lainnya. Truk yang dibuat oleh Alexi Garagaca memiliki roda yang begitu besar dan memiliki ketinggian sekitar lima kaki.

Dengan ukurannya yang sangat besar, truk ini bisa menaklukkan berbagai jalan, termasuk kawasan yang belum terdapat jalannya. Ban truk ini sendiri juga didesain khusus sehinhgs bisa menyesuaikan dengan kondisi medan.

Bahkan meskipun di dalam medan air, ban truk ini bisa membuat truk tetap mengapung. Truk bisa dikendarai dengan kecepatan 3,7 mil saat berada di atas air.

2. Uhac.

Tidak semua teknologi kuno, ketinggalan jaman digunakan pada saat ini. Contohnya saja Uhac ini. Kendaraan ini menggunakan teknologi yang hampir sama untuk menggerakkan perahu di sungai pada dua sisi penggerak di sampingnya.

Kendaraan ini tidak hanya bisa berjalan di atas air, namun kendaraan Ini bisa juga digunakan untuk berjalan di atas daratan seperti layaknya sebuah tank.

Selain itu, daya angkut kendaraan ini begitu luar biasa.  Kendaraan bisa menganangkut barang dari tengah laut menuju ke pesisir pantai dengan berat sekitar 200 ton.

3. Gibbs Bidski

Jika anda penyuka kendaraan sepeda motor dan juga Jetski, nampaknya anda patut untuk memiliki kendaraan yang merupakan dua kombinasi dari jenis tersebut.

Namanya Gibbs Bidski. Kendaraan ini memang berbentuk sepeda motor yang bisa langsung bertransformasi menjadi jetski. Ketika berada di air hanya tinggal memencet tombol transformasi maka jetski sudah bisa langsung dijalankan.

Kendaraan ini memiliki dua silinder, sehingga bisa membuat pengendaranya melaju kencang baik di darat maupun di air.

4 Gibbs Quadski

Sama halnya dengan Gibbs Bidski. Gibbs Quadski juga merupakan kendaraan yang bisa berubah menjadi jetski. Hanya saja berbeda dengan Gibbs Bidski kendaraan ini memiliki roda empat.

Kendaraan ini disebut bisa digunakan untuk balap di darat maupun di air. Ketika dijalankan di air, kendaraan ini memiliki kecepatan yang sangat mengesankan, yakni sekitar 45 mil per jam.

Dilengkapi dengan mesin BMW 300cc, Kendaraan ini tidak hanya bisa digunakan untuk satu orang, namun bisa digunakan untuk 2 orang.

Cara pemakaiannya pun sama halnya dengan Gibbs Bidski, yakni ketika berada di air, pengendara hanya tinggal memencet tombol yang membuat 4 roda di kendaraan ini melipat hingga bisa jalankan menjadi jetkski.
 

5. Rinspeed Squba.

Pada tahun 1977, film James Bond merupakan film favorit. Dalam film tersebut juga terdapat kendaraan amphibi yang bisa menyelam di dalam air. Namun sayangnya, kendaraan tersebut bukanlah merupakan asli.

Namun saat ini sudah ada kendaraan yang benar-benar bisa menyelam layaknya kapal selam. Kendaraan tersebut didesain oleh Frank Rangers, yang saat ini masih dalam konsep dan belum dijual.

Namun terlepas dari hal itu, mobil ini merupakan mobil pertama yang bisa menyelam. Bahkan mobil ini juga telah dipamerkan di pameran motor dan mobil dunia.

Meskipun desain mobil ini terlihat sporty, namun dalam kecepatan mobil ini hanya bisa melaju dengan kecepatan 75 mil per jam. Mobil ini memiliki tiga penggerak mesin listrik. Satu digunakan di darat dan dua digunakan di air.

6. Amphibious tour buses

Jika anda pergi ke Amsterdam, Belanda, anda nampaknya wajib mencoba dan merasakan hal yang satu ini. Berwisata atau tour menggunakan bus namun di daratan nampaknya adalah yang biasa. Namun bagaimana jika menaiki bus untuk menyelam ke dalam laut? ya tentunya hal itu adalah hal yang sangat luar biasa.

Di Amsterdam, memang terdapat  bus yang bisa mengantarkan anda menjelajahi Amsterdam baik di darat maupun di air. Pertama anda akan diajak mengitari kota melihat gedung-gedung tinggi di kawasan tersebut. Setelah itu anda akan diajak untuk melihat pemandangan kawasan pinggiran sungai.

Bus tak akan meminta anda turun dulu, kemudian naik perahu, namun bus akan langsung masuk kedalam air. Tak usah takut untuk tenggelam, sebab busa sudah didesain sedemikian rupa untuk bisa mengapung meskipun dengan muatan puluhan orang.

7. Watercar Panther.

Mobil ini nampaknya merupakan mobil amphibi yang sangat sensasional di dunia. Sebab, dengan dilengkapi mesin berkekuatan 300 tenaga kuda, mobil ini tak hanya bisa melaju kencang di daratan namun juga melaju kencang di atas air.

Mobil ini sangat nyaman digunakan baik dimedan padang pasir, medan aspal bahkan hunting disungai.

Nah itulah tadi tujuh kendaraan amphibi yang sangat mengagumkan. Mungkin saja satu dari tujuh mobil amphibi tersebut ingin anda miliki?

End of content

No more pages to load