Pengalihan Arus Titik Rawan Kendaraan Mengular, Kasat Lantas : Kondisional Saja

Dec 31, 2018 16:15
Peta pengalihan arus Polres Malang Kota (ist)
Peta pengalihan arus Polres Malang Kota (ist)

MALANGTIMES - Sejumlah titik di Kota Malang rawan terjadi antrian kendaraan hingga mengular panjang saat malam perayaan pergantian tahun. 

Baca Juga : Tiga Tenaga Kesehatan Positif Covid-19 di Kota Malang Sembuh

Seperti kawasan Alun-Alun Merdeka, kawasan bundaran Tugu, kawasan Blimbing, kawasan Jalan Soekarno Hatta dan kawasan Jalan Ijen.

Sebab di tempat-tempat tersebut menjadi pusat berkumpulnya masyarakat yang tak hanya dari Kota Malang, namun juga dari luar kota hingga mengahbisakan waktu menunggu pergantian tahun.

Namun, hal tersebut tak lantas membuat Polres Malang Kota untuk langsung membuat keputusan rekayasa lalu lintas atau pengalihan arus.

Kasat Lantas Polres Malang Kota, AKP Ari Galang Saputro menjelaskan pihaknya belum akan melakukan pengalihan arus. 

Pihaknya bakal melihat terlebih dulu situasi titik-titik rawan, sehingga jika nantinya diperlukan penggunaan jalan alternatif, maka hal itu akan diberlakukan.

"Jadi nantinya pengalihan arus kondisional atau melihat situasi. Sehingga tidak langsung kita alihkan, nanti malah macet. Jadi begitu macet baru kita alihkan," jelasnya dihubungi MalangTIMES (31/12/2018).

Lanjutnya, pengalihan arus nantinya, akan dilakukan dibeberapa titik seperti di Jalan Basuki Rahmad, kendaraan dari arus Jalan Basuki Rahmad tak bisa langsung menuju Jalan Merdeka Barat. 

Selain itu, juga ada beberapa titik jalan lain yang ditutup seperti Jalan Trunojoyo, Jalan Majapahit, dan Jalan Pattimura.

Baca Juga : Tanggap Covid-19, Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bagikan Ratusan APD ke Petugas Medis

"Namun jika nanti melihat situasi, kondisinya masih terjadi antrian kendaraan tidak terlalu panjang maka tidak dilakukan pengalihan, bisa dilewatkan jalan utama," jelasnya.

Sementara itu, Kaur Bin Ops (KBO) Lantas, Iptu Endiex Purwantoro menambahkan bahwa anggota Lantas yang diturunkan ke lapangan berjumlah sekitar 100 lebih. 

Mereka akan ditempatkan di titik-titik rawan kemacetan.

"Seperti yang bapak Kasat sampaikan semua melihat situasi,"  bebernya singkat.

ia juga menyampaikan pada beberapa titik perbatasan kota, seperti di kawasan Gribik, kawasan Kalisari, kawasan Gadang, kawasan Kacuk, memang dilakukan penyekatan. 

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi andanya konvoi kendaraan atau truk sound system yang memasuki kawasan kota.

"Kita juga berkordinasi dengan Polres Batu dan Polres Malang," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Pengalihan ArusTitik Rawan Kendaraan macetpergantian tahun baru

Berita Lainnya

Berita

Terbaru