Kondisi parkir di kawasan Jl. Veteran pasca ditertibkan. Parkir kini beralih menggunakan bahu jalan (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Kondisi parkir di kawasan Jl. Veteran pasca ditertibkan. Parkir kini beralih menggunakan bahu jalan (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Belum genap lima jam ditertibkan, tiga titik parkir liar kembali beroperasi. 

Baca Juga : Ahmad Riza Patria Resmi Dilantik Wakil Gubernur Jakarta, Kerja Mulai Besok

Ketiga titik itu adalah kawasan Jl. Veteran tepatnya pedestrian depan eks MX Mall, badan jalan kawasan Mall Ramayana, dan Jl. Tenis.

Ke tiga titik tersebut baru saja ditertibkan oleh petugas Dinas Perhubungan Kota Malang pada Senin (31/12/2018) pagi. 

Bahkan, melalui akun resmi instagramnya @dishub_malangkota, aktivitas penertiban tersebut ditunjukkan. Foto dari kegiatan penertiban juga disertai dengan kondisi pedestrian yang kosong dari kendaraan roda dua.

"Pembersihan parkir di depan eks MX Mall, Jl. VeteranVeteran,  kondisi saat ini sudah bersih dari parkir sepeda motor. Dihimbau pengunjung Matos untuk parkir di dalam area parkir Matos," tulis akun @dishub_malangkota lengkap dengan foto kondisi di lapangan pada Senin (31/12/2019) pada sekitar pukul 09.00 WIB.

Selang beberapa jam kemudian, foto petugas yang tengah melakukan penertiban di Jl. Tenis (samping Mall Olympic Garden) dan kawasan Ramayana juga ditunjukkan melalui akun yang sama. Lengkap dengan keterangan foto yang tak jauh berbeda dengan kondisi di Jl. Veteran.

Sayangnya, setelah selang sekitar dua jam dari proses penertiban di lapangan, area parkir yang baru saja mendapat teguran itu kembali ramai digunakan oleh para pengendara. 

Para juru parkir pun sibuk menata kendaraan roda dua yang sengaja minggir untuk parkir.

Dari pantauan MalangTIMES, kawasan pedestrian Jl. Veteran memang sudah bersih dari kendaraan roda dua. 

Namun parkir pada akhirnya pindah ke kawasan bawah pedestrian dan memakan sebagian bahu jalan. Motor tertata dalam dua bagian dengan lajur vertikal dan horizontal.

Kondisi serupa juga terjadi di kawasan Jl. Tenis. Di mana parkir kembali ramai seperti hari sebelum ditertibkan. 

Baca Juga : Target Agustus, Mal Pelayanan Publik Kota Malang Dimungkinkan Molor

Para pengendara motor pun tampak antre untuk parkir di setiap sisi jalan bagian kanan dan kiri. 

Pada bagian lajur kiri, terdapat dua baris kendaraan roda dua,  dan pada lajur kanan ada satu baris kendaraan yang terparkir.

"Sebelah sana mas," teriak seorang juru parkir di kawasan Jl. Tenis memberi arahan pada pengguna jalan yang akan parkir dengan menunjuk arah lajur kanan jalan.

Pengguna jalan juga tampak berebut parkir di bagian halaman depan badan jalan kawasan Mall Ramayana. Tampak tak kurang dari lima juru parkir melayani para pengguna jalan yang hendak parkir dan berjalan-jalan di area kawasan alun-alun dan Mall Ramayana tersebut.

Sementara itu, saat dihubungi, Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Kusnadi menjelaskan jika kegiatan penertiban tersebut sengaja dilakukan karena beberapa kali terdapat pengaduan dari masyarakat.

Terkait masih bandelnya tukang parkir yang beroperasi meski telah ditertibkan, menurutnya Dishub akan kembali bergerak secara berkala untuk melakukan penertiban. 

Karena kawasan yang dilarang tersebut cukup menyumbang terjadinya kemacetan.

"Kami akan terus melakukan razia terhadap parkir liar di Kota Malang," jelas pria berkumis itu.