Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

5 Penemuan Bawah Laut yang Menggegerkan Dunia, Ada Sisa-sisa Kehidupan Kota yang Tenggelam

Penulis : Imarotul Izzah - Editor : Lazuardi Firdaus

31 - Dec - 2018, 09:24

Foto ilustrasi kota bawah laut, The Lost City of Atlantis (Documentary Tube)
Foto ilustrasi kota bawah laut, The Lost City of Atlantis (Documentary Tube)

MALANGTIMES - Banyak misteri yang menyelimuti lautan. Ada beberapa yang sudah terkuak, ada juga yang masih menjadi rahasia. Beberapa peneliti telah menemukan banyak penemuan bawah laut yang mengejutkan dunia. Inilah 5 penemuan bawah laut yang menggegerkan dunia.

1. Kota Heracleion
Heracleion adalah kota hilang yang menjadi mitos bagi orang Yunani atau Thonis. Arkeolog bernama Frank Goddia menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menemukan kota ini. Hasil jerih payahnya terbayar setelah Kota Heracleion ditemukan 46 meter di bawah permukaan air, tepatnya di Mesir.

Baca Juga : Enam Gunung Erupsi Nyaris Bersamaan karena Cari Kestabilan Baru

Penemuan tersebut langsung membuat gempar dunia. Tidak ada yang menyangka mitos Kota Heracleion adalah kenyataan. Setidaknya sudah 1200 tahun Kota Heracleion tersembunyi di bawah air. Ketika ditemukan di runtuhannya, ditemukan juga sejumlah bangkai kapal, jangkar, koin emas, dan sejumlah patung raksasa.

2. Palung Mariana 
Salah satu misteri bawah laut yang hingga sekarang masih terus digali adalah Palung Mariana. Palung Mariana merupakan bagian terdalam dari laut. Dalamnya sekitar 10994 meter di bawah permukaan laut. Lantas kapan Palung Mariana ini pertama kali ditemukan?

Palung Mariana pertama kali ditemukan oleh HMS Challenger pada 23 Maret 1875. Kala itu hanya beberapa yang mampu mencapai dasar Palung Mariana ini. Kemudian, pada tanggal 23 Maret 2012, James Cameron dengan alat deepsea challengernya berhasil turun hingga kedalaman 10.898 meter.

3. Kota Pavlopetri
Di Yunani, masih ada satu kota hilang yang menjadi perbincangan, yaitu Kota Pavlopetri. Konon katanya penduduk Kota Pavlopetri adalah penduduk yang sangat maju. Suatu ketika, gempa bumi dahsyat mengakibatkan Pavlopetri hilang dan ditelan oleh lautan. Ketika ditemukan, Kota Pavlopetri berada di kedalaman 4 meter di bawah permukaan laut. Diperkirakan usia kota ini mencapai 5000 tahun.

4. Kota Alexandria
Kota Alexandria merupakan kediaman Cleopatra, ratu Mesir yang terkenal. Kota ini juga menjadi saksi sejarah hubungan Cleopatra dengan Julius Caesar, Marc Antony, dan Octavian. Semuanya adalah petinggi Kerajaan Romawi yang tergila-gila pada Cleopatra. Kota ini tenggelam karena gempa bumi dan tsunami yang melanda daerah tersebut.

Meski terbenam selama 1600 tahun, jejak kemewahan istana-istana di Alexandria masih bisa ditemukan oleh para arkeolog. Dikabarkan ada sekitar 500 ribu rumah ikut terbenam dalam bencana mengerikan itu. Ditemukan juga kala itu 25 Patung Sphinx dan juga patung-patung lainnya.

5. Atlit Yam
Situs megalitikum ini berusia 9000 tahun yang terletak di dasar laut Mediterania. Atlit Yam adalah sebuah lingkaran batu yang hingga saat sekarang masih misterius. Di sekitar lingkaran batu itu juga terdapat lukisan kerangka manusia yang terkubur dengan rapi. Karena itu hingga sekarang peneliti menganggap Atlit Yam adalah salah satu situs kehidupan purba di dalam air yang paling tua.

Baca Juga : Kilas Balik Jejak Covid-19 di Kota Malang Hingga Pengajuan Status PSBB

Tempat bersejarah ini terletak tak jauh dari desa Atlit yang terletak di laut Mediterania. Situs ini terjaga dengan sangat baik karena terlindung oleh pasir di dasar laut. Letak Atlit Yam berada pada kedalaman antara 8-12 meter di bawah permukaan laut  Luasnya sendiri mencapai 40 ribu meter persegi.

Situs ini pertama kali ditemukan pada tahun 1984 oleh seorang arkeolog laut Ehud Galili. Sejak saat itu, penggalian situs Atlit Yam telah berujung pada penemuan sejumlah rumah, sumur, dinding, dan berbagai artefak lain yang terbuat dari batu, tulang, dan kayu.


Topik

Peristiwa malang berita-malang artefak Penemuan-Bawah-Laut sisa-Kehidupan-Kota-yang-Tenggelam


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imarotul Izzah

Editor

Lazuardi Firdaus