MALANGTIMES - Seorang petani di Dusun Balong, Desa Bendosari, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar, Sukarwoto (51), dipastikan menyesal seumur hidupnya. Pasalnya dia harus mendekam di sel tahanan akibat perbuatan cabulnya.

Ia tega melakukan pencabulan terhadap seorang gadis yang  diketahui berinisial MS (21). Ironisnya, gadis malang ini merupakan tetangga pelaku dan diketahui merupakan penderita Down Syndrome. 

Kapolres Blitar AKBP Adewira Negara Siregar mengungkapkan, perlakuan cabul ini dilakukan Rabu (27/12/2018) lalu, sekitar pukul 17.30 saat kedua orang tua korban sedang salat maghrib berjamaah. 

"Pada saat ibu korban  pulang dari masjid mendapati atau melihat secara langsung korban (anak pelapor) sedang berada di kamar mandi di dalam rumahnya bersama dengan terlapor hendak melakukan tindakan cabul," terang Adewira, Jumat (28/12/2018).

Mengetahui kejadian tersebut ibu korban berteriak sehingga pelaku langsung kembali memakai celananya lalu melarikan diri. Atas kejadian ini pun orang tua korban berinisiatif melaporkan kejadian ke polisi.

"Setelah kejadian petugas langsung mencari keberadaan pelaku dan mengamankanya untuk mempertanggung jawabkan perbuatanya," tambah dia.

Dalam pemeriksaan, diketahui pelaku yang telah lama menduda bukan baru sekali melakukan tindakan cabul terhadap korban. Sebelumnya pelaku yang sudah kenal akrab dengan orang tua korban juga telah menyetubuhi korban sebanyak dua kali. Dengan iming-iming akan diberi uang. 

"Pelaku dengan orang tua korban sudah kenal dan pelaku sering ke rumah korban. Saat ini kita masih menelusuri berapa kali pelaku melakukan tindakan tersebut, namun dari hasil pemeriksaan sementara pelaku sudah dua kali menyetubuhi korban," katanya. 

Akibat perbuatannya pelaku dijerat dengan pasal 286 KUHP dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara.(*)